Bekerja di GraPari Telkomsel? Simak Pengalaman, Cara Dan Tips Berikut Ini

Artikel terkait : Bekerja di GraPari Telkomsel? Simak Pengalaman, Cara Dan Tips Berikut Ini

Kali ini saya akan berbagi profesi yang ada di GraPari Telkomsel yaitu Supervisor (SPV), Team Leader (TL), dan Customer Service Representative (CSR). Dalam tulisan ini yang saya tuliskan hanya Team Leader dan Customer Service saja yang mana profesi ini dilakoni oleh abang kandung saya sendiri. Untungnya abang saya bersedia diwawancarai, hehe.

Kalau kerjaan saya sendiri sebagai Bea Cukai, saya sudah bekerja selama 4 tahun.

Jadi bagi yang ingin tahu tentang pekerjaan custumer service dan yang ingin mencoba mendaftar di Telkomsel khususnya GraPari bisa baca tulisan ini. Semoga bermanfaat πŸ˜‡.

Berbagi Pengalaman Bekerja di GraPari Telkomsel Sebagai TL dan CSR


Bekerja di sebuah perusahaan besar terlihat enak dan menyenangkan. Saya yang sedari dulu memang menggunakan operator GSM plat merah ini tidak pernah menyangka akan bekerja di perusahaan tersebut.

Siapa yang tidak tahu dengan Telkomsel, sebuah anak perusahaan BUMN dari PT. Telkom yang bergerak dibidang telekomunikasi dan saat ini merupakan operator seluler terbesar di Indonesia dengan 178 juta pelanggan dari daerah kota hingga hingga daerah kecil dan terpelosok.

Mungkin sudah rezeki kali ya karena proses penerimaan saya sebagai Custumer Service begitu cepat. Bagi yang pernah datang ke GraPari pasti bertemu dengan kami yang menyelesaikan segala keluhan dan pertanyaan tentang Telkomsel, itulah Custumer Service.

Dengan tampilan kami yang rapi, sopan dan enak dipandang πŸ˜„ dan fasilitas di GraPari itu sendiri akan membuat para pelanggan nyaman.

Sekarang, Alhamdulillah saya yang semula adalah seorang custumer service naik jabatan menjadi seorang Team Leader. Saya akan berbagi pengalaman tentang pekerjaan yang saya lakukan sekaligus memberikan tips bagi yang ingin mencoba bekerja di GraPari Telkomsel.

Pasti banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mendaftar di Telkomsel, bukan? Apa saja sebenarnya bidang pekerjannya? Bagaimana proses rekrutmennya? Apakah ada jenjang karir ? Dan pertanyaan lainnya khusus di GraPari saja.

Asal mula mendaftar bekerja di GraPari Telkomsel

Saat itu memang saya sedang menganggur pasca resign sebagai Districk Manager dari sebuah brand fashion retail. Saya ingin mencoba pekerjaan, pengalaman dan teman baru. Saya hanyalah seorang lulusan S1 jurusan Manajemen.

Saya menemukan lowongan pekerjaan customer service Telkomsel di Linkend, secara sengaja memang sedang mencari pekerjaan. Seingat saya bukan hanya di Telkomsel saja saya apply pekerjaan, tapi ada ke beberapa perusahaan di bidang A B dan C dengan berbagai posisi.

Berbagi Pengalaman Bekerja di GraPari Telkomsel Sebagai TL dan CSR
Info lowongan dari Vendor Outsourcing
Kualifikasi umumnya sebagai berikut :
  1. Pria/wanita, single, usia maksimal 25 tahun.
  2. Pendidikan minimal D3 atau S1 semua jurusan, min IPK 2,75
  3. Tidak sedang kuliah / penyusunan Tugas Akhir
  4. Tinggi badan wanita min 160 cm dan Pria min 170 cm
  5. Berat badan proporsional
  6. Dapat berkomunikasi dengan baik dan ramah
  7. Menguasai Bahasa Inggris aktif
  8. Mampu mengoperasikan komputer min Mc Office

Persayaratan dokumen yang dibutuhkan untuk menjadi Custumer Service di Telkomsel :
1. Pas Foto
2. fotocopy KTP
3. surat lamaran
4. CV
5. ijazah terakhir,

Dokumen-dokumen ini saya antar langsung ke GraPari Penuin Batam (apply lewat linkend tetapi hardcopynya di antar ke Batam daerah Penuin).

Aplly lewat Linkend 16 April 2015 hari kamis jam 11 siang, jam 2 siang dapat telpon dari Jakarta dari Infomedia Solusi Humanika (vendor outsourching Telkomsel).

Jelas saja saya senang, berarti untuk dokumen saya dinyatakan lulus. Pengumuman hanya di publish pada Linkend dan media social dan saya langsung dihubungi melalui telepon.

17 April 2015 hari jumat jam 9 pagi interview ke grapari Batam Penuin dengan bapak Richard waktu itu ada 1 orang pria selain saya.

Jam 2 siang psikotes dan langsung keluar hasilnya. Tanggal 20 April 2015 hari senin training di Telkomsel selama 1 minggu. Sebenarnya mereka butuh 6 orang dan 5 orangnya sudah training duluan dari pada saya, jadi saya telat dalam proses recruitment.

Saya ingat sekali memang di CV itu saya menuliskan beberapa riwayat pekerjaan dan prestasi yang pernah saya lakukan. Mungkin ini yang membuat dokumen saya lulus dan berjalan cukup mulus.

Akhirnya saya di interview oleh SPV dan Team Leader menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Perkenalan diri pakai bahasa inggris, kenapa saya ingin bergabung, pengalaman apa saja yang sudah saya lalui, dalam pekerjaan sebelumnya hal apa yang paling berat saat bekerja, kelebihan dan kekurangan.

Setelah itu, jam 2 siang psikotes. Soal psikotes sama seperti soal psikotes pada umumnya tentang  menggambar logika, pertanyaan tentang kepribadian, pertanyaan tentang gambar-gambar yg sama.

Pada hari Senin, saya mengikuti training selama seminggu . Training dilakukan langsung oleh Team Leader dan Customer Service senior. Yang diajarkan berkisar soal tata cara menghadapi pelanggan, cara make up, biasanya ada training produk knowledge keluar kota hanya saja bagi yang terpilih saja (dipilih SPV ) , penggunaan aplikasi, cara mengatasi setiap persoalan sesuai SOP .

Pada saat masa training banyak nomor telpon kantor yang menelpon saya tetapi tidak saya angkat karena sudah bekerja di Telkomsel 😎. Benar, bahkan saya tolak.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba mendaftar, saya hanya memberikan bekal sebagai berikut.

1. Harus berpenampilan baik , bersih, wangi  dan good looking (mohon diingat good looking tidak harus cakep lho)
2. Ramah
3. Sopan
4. Cara berbicara di atur dengan baik agar lebih enak didengar
5. Komunikatif
6. Bisa berpikir cepat.
7. Bisa bahasa inggris menjadi nilai plus

Tips diatas sudah dapat membantu Anda agar mulus saat proses interview dan jangan lupa berdoa πŸ˜‡.

Sistem Kontrak

Bekerja menggunakan sistem kontrak yang selalu diperbaharui setiap tahun. Kalau saya tanda tangan kontrak bulan Maret  sesuai dengan saat mulai bekerja.

Jika kita resign sebelum kontrak berakhir akan terkena pinalti yaitu membayar gaji pokok dikali sisa bulan kontrak ke perusahaan.

Tetapi, apabila masa kerja kita sudah ada 3 tahun, kalau mau resign tidak akan kena pinalti.

Kita juga bisa diberhentikan sepihak oleh perusahaan jika secara jelas merugikan perusahaan. Misal tidak produktif, melakukan tindakan kriminal, dan lain-lain.

  

Profesi

Dalam GraPari, jabatan tertinggi dipegang oleh SPV yang membawahi Team Leader. Sementara itu Team Leader sendiri membawahi 10 orang Customer Service tergantung tipe GraParinya semakin besar berati semakin banyak CSR-nya.

Maka dapat dipastikan jenjang karir di GraPari hanya ada Customer Service dan Team Leader, jika mau menjadi SPV harus melamar ke Telkomsel langsung karena SPV adalah karyawan tetap sedang TL dan CS adalah kontrak dan berbeda perusahaan dalam hal ini vendor outsourcing.

Pekerjaan saya menjadi customer service secara langsung berhadapan dengan pelanggan. Mendengar keluh kesah dan pertanyaan pelanggan. Kadang-kadang ada juga pelanggan hard komplen atau marah yang membuat tidak nyaman *mohon bersabar ini ujian, tetapi membuat saya bisa memahami orang lain dalam berbagai karakter.

Yahh.. saya rasa setiap front liner yang berhadapan dengan pelanggan akan mengalami hal-hal seperti itu. Dimarahi sudah biasa, menjadi kesal itu wajar. Tetapi itulah inti pekerjaan customer service, bisa menghadapi pelanggan seperti apapun kondisi mereka. Selalu mencoba senyum, sabar dan ramah. Tidak mengubah mood dalam kondisi apapun tetap tenang dan ramah.

Terkadang ada pelanggan yang "bandel". Padahal jika mengikuti SOP saja maka masalah pun selesai, tetapi pelanggan tidak mau. Haha, saat inilah jiwa sebagai CSR diuji.

Untuk dari sisi rekan kerja, jadi customer service itu cukup asyik bisa bercanda tanpa mengenal batasan usia. SPV nya juga bisa diajak bercanda dan grapari mempunyai uang kas jadi bisa digunakan untuk jalan-jalan gratis atau makan gratisπŸ˜‚.

Sementara itu dukanya adalah ketika berada di dalam satu tim dengan rekan kerja yang tidak memikirkan target. Padahal target itu untuk kepentingan tim itu sendiri. Target jualan kartu halo dan jualan pulsa tetapi target keramahan tamahan lebih utama ke pelanggan.

Saat ini saya sebagai Team Leader. Saya suka dengan posisi ini yang mengingatkan saya sebagai Districk Manager dulu. Jiwa leadership saya kembali terlatih, muncul dan terarah, bisa mengatur strategi dan bisa mengarahkan CSR agar lebih baik dan memanage SDM yang ada.

Jobdesk CSR

CSR melayani permintaan pelanggan dan membuat rekapan transaksi harian.

Jobdesk Team Leader

Team Leader menghandle pelanggan komplen, membuat laporan semua CSR, merekap absen untuk proses gaji CSR, menyusun schedule dan mengatur semua keperluan GraPari.

Besar Gaji Pegawai Telkomsel GraPari

Saya tidak akan menyebutkan nominal, yang pasti gaji di tiap daerah berbeda diatas UMR, yang  terdiri dari gaji pokok, tunjangan hidup, intensif, pulsa, make up, laundry dan bonus.

Oh iya, untuk bonus setiap bonus itu berbeda tergantung dengan tingkat pencapaiannya, reward jualan halo, racing jualan Tcash, racing informasi apps my Telkomsel, reward penjualan device dan reward racing lainnya yang diinformasikan secara tiba-tiba.

 

Jenjang Karir

Untuk naik dari CSR menjadi Team Leader diajukan oleh SPV karena melihat kinerja kita bagus.

Untuk menjadi SPV harus mendaftar ke Telkomsel langsung, karena SPV merupakan pegawai tetap di Telkomsel.


***

Demikian sharing saya soal profesi yang ada di GraPari Telkomsel. Terakhir saya sampaikan, dimanapun kita bekerja, jabatan apapun yang kita pegang tetap jalani dengan sepenuh hati. Usaha, niat baik dan kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Tetap semangat!

Image source :
1. http://telkomsel.com/ (header image)

Artikel Catatan Finansial PNS Muda Lainnya :

Berlangganan artikel via email :

No Spam and Powered by FeedBurner

33 comments:

  1. mungkin sistem kontrak kurang enak kali yaa menurut saya. kasihan pegawainya kalo bisa sih kalo prestasinya bagus ada kebijakan dari perusahaan untuk memperpanjang kontraknya atau mempromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata-rata outsourcing begitu mbak, pakai sistem kontrak, mungkin peruhsaan juga ga mau ambil resiko.

      Untuk promosi harus mengikuti tes rekrutmennya langsung, sementara prestasi ukurannya itu bonus yang didapat pegawai

      Delete
  2. Ternyata ribet juga yah bro, harus bahasa ingris, harus ngelamar dulu, harus psikotes, harus gambar logika, ah sudahlah enakan jadi tukang mie ayam... hahah,
    mudah - mudahan ngelamar neng lala gak serumit inni.. haha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah kalau kerja di perusahaan nasional,

      asyiquee dung jadi penjual mie ayam, bisa jadi juragan mie ayam nanti buka cabang dimana-mana,

      kalau udah jadi juragan neng lela mah lewaatt

      Delete
  3. wah.. kayaknya asyik ya menjadi bagian dari PT Telkom, nah point good looking gak harus cakep itu yang susah ya pada zaman now ini.. heheh

    ReplyDelete
  4. perjuangan serta proses menuju jabatan sebagai TL ternyata juga ngga semudah ketika kita melamar ya, makanya saya lebih memilih jadi tukang keranjang kemasan bambu ramah lingkungan aja deh, jabatannya bisa di gonta ganti oleh diri sendiri, sekali waktu jadi sales, kali berikutnya jadi bigbos...wis-lah pokoke bebas...hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebiha syik gitu mas punya usaha sendiri, jadi bos-bos sendiri ga ada yang atur-atur..

      haha

      Delete
  5. wah.. mantanq juga kerja di gapari telkomsel bang.
    dulu putusnya pas lagi sayang-sayangnya lagi.. gimana ini bang???
    menurut abang bagaimana perasaan saya ketika pake produk telkomsel??

    #EH

    wkwwkwk

    ReplyDelete
  6. Enakan jadi pedagang kayaknya om hehe.

    ReplyDelete
  7. Ternyata ribet juga ya, Mas. Tapi keren nih, bisa keterima dan bekerja di telkomsel, dan tentu bisa berbagi juga pengalaman. Keren. Nice info nih, berarti nunggu 3 tahun dulu baru kalau mau rissen nggak kena pinalti ya..

    ReplyDelete
  8. Kontrak atau pun tidak kontrak, yang penting kerjanya halaman toyyiban... #SemangatCiee bekerja..

    ReplyDelete
  9. Blog-nya temanya niche banget yah... fokus ke ke perbankan. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Bener good looking itu nggak harus cakep. Terkadang banyak orang yang salah memahami ini ya dan bekerja di Customer service itu harus ramah dan sabar ya ��

    ReplyDelete
  11. bekerja sebagai pelayan masyarakat - apapun profesinya - memang tidak pernah mudah ya. Apalagi sebagai customer service atau bahkan team leader. Butuh yang namanya good looking dan good attitude karena kita berurusan dengan masyarakat. Dan ya,tulisannya menambah wawasan saya mengenai dunia pekerjaan diluar profesi saya...makasih sharingnya mas ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, kita dituntut belajar cepat terhadap kondisi lingkungan jadi tindakan yang diambil pun cepat dan tepat

      Delete
  12. Untuk customer service mungkin memang tantangan paling beratnya saat nemu konsumen yang "bandel". Saya aja yang kerja bukan sebagai CSR tapi masih harus berhubungan sama keluhan konsumen kadang suka gemes sendiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah mbak, saya dulu sering hadapi customer, yaaa memang harus sabar2 menghadapi mereka dan mengatur emosi sendiri,

      Delete
  13. wah saya ga kualifikasi, englisnya lemah he...tapi kalau sudah diberi tugas bertanggungjawab he...

    ReplyDelete
  14. Kayaknya harus belajar dulu bahasa inggris saya mas, kalau ngelamar disini, hehe
    di grapari kerjanya bagaimana mas, apakah selalu sibuk atau ada waktu luang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lihat orang yang datang, sibuk terus, makanya kerjanya pakai shift

      Delete
  15. wah ternyata belum bisa jadi pegawai tetap ya kalau CS-nya

    ReplyDelete
  16. Menjadi front liner memang harus berlapang dada setiap kali menghadapi customer berkeluh-kesah dan lain-lain. Memang penampilan bukan utama namun pentiiing banget untuk garda depan sebuah perusahaan apalagi telekomunikasi. Selain skill bagus, pengetahuan dan wawasan juga penampilan itu kudu dimiliki karyawannya.

    ReplyDelete
  17. mas boleh di informasikan jam kerjanya bagaimana ya apakah shifting dan minggu libur ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  18. mas tolong dapat dinformasikan untuk jam kerjanya dan liburnya kalau bekerja disini? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di grapari 24 jam sep di medan dan jakarta akan sifting atau grapari di mall akan ikut sifting jam mall . Tetapi kalau grapari gedung terpisah jam operasional senin -jumat 8pagi - 5sore, sabtu 8pagi-1 siang, minggu/tanggal merah libur. Kalau nanti interview bisa ditanyakan kok jam operasional graparinya.

      Delete
  19. mas saya sekarang sudah bekerja disalah satu perusahaan 1,5 tahun saya sudah berencana resign. Umur saya 26 th. Masih bisa kah untuk bisa diterima di grapari ?

    ReplyDelete
  20. Gan ane ada panggilan di telkomsel tapi ane baru sadar tinggi ane 165 gk ngeh 170,soalnya liat di sim, ?Gimana gan lanjut jangan yah tes nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja dulu mas, mana tau bisa lulus kan

      Delete
  21. Gak sesusah itu kok kerja di telkomsel bagi yg belum punya pengalaman kerja silakan dicoba yang penting rapih dan menarik.

    ReplyDelete
  22. Saya umur 28 dan bhs inggris kurang


    Benarkah harus 28? Sedih jadinya

    ReplyDelete
  23. Interview pakai inggris nya cuma perkenalan diri aja atau smua yg ditanyakan hrd pakai inggris jg?

    ReplyDelete

Komentar spam tidak akan di-approve.

Copyright © 2017 Catatan Finansial PNS Muda by Sabda Awal