Benarkah Tabungan Emas Pegadaian Rugi? Begini Pengalaman Saya

Artikel terkait : Benarkah Tabungan Emas Pegadaian Rugi? Begini Pengalaman Saya

Pada tulisan kali ini saya tidak akan menuliskan mengapa saya memilih investasi  emas. Sebelumnya saya sudah mempublish artikel berjudul cara mudah, murah dan aman investasi emas. Saya telah menceritakan motivasi saya memilih investasi emas dan kapan memulainya pada post tersebut.

Sebelum membahas apakah tabungan emas Pegadaian rugi atau tidak, saya akan cerita dulu bagaimana pengalaman saya menabung emas di Pegadaian.

[Update 22 Apri 2018] Informasi tambahan tentang digital.pegadaian.com

Daftar isi :


Benarkah Tabungan Emas Pegadain Rugi? Begini Pengalaman Saya

Pengalaman Menabung Emas di Pegadaian

Pada bulan Oktober 2017 saya membuka rekening tabungan emas di Pegadaian. Saat itu pengetahuan saya hanya sebatas Pegadaian ya identik dengan emas. Jadi, jika ingin investasi emas harus di Pegadaian.

Walaupun akhirnya saya tahu ternyata begitu banyak lembaga yang menyediakan jual-beli emas. Mulai dari bank, perusahaan swasta berbasis online, hingga market place dengan berbagai kelebihan yang mereka tawarkan.

Yang paling menarik dari produk tabungan emas Pegadaian ini adalah bisa beli seharga 0,01 gram saja. Misal tertanggal 2 Maret 2018 harga tabungan emas Pegadaian adalah Rp 615.000/gram, maka kita dapat membeli sebesar Rp 6.150 saja. Cukup menarik bukan?

Saya tahu informasi produk ini dari sebuah video di channel Youtube SuccesBefore30 yang berjudul cara menabung untuk orang yang berpenghasilan dibawah 10 juta. Video ini sendiri dibawa oleh Chandra Putra Negara seorang enterprenuer sukses. Anda bisa cek video beliau di Youtube yang sangat menginspirasi.

Kembali ke tabungan emas Pegadaian...

Untuk membuka rekening tabungan emas cukup dengan ktp saja. Lalu, mengisi formulir yang diberikan, membayar uang sebesar Rp 100.000 yang terdiri dari :
  • biaya administrasi Rp 10.000
  • biaya titip emas Rp 30.000/tahun
  • biaya materai Rp 6.000
  • Rp 54.000-nya menjadi saldo pembelian awal emas.

Bentuk buku tabungan emas seperti dibawah ini.

tabungan emas pegadaian


Tercetak tanggal pembelian terakhir Oktober 2017. Saya tidak pernah ke Pegadaian lagi, karena setiap kali mau beli emas selalu melalui ATM.

Pada buku rekening tersebut terlihat bahwa yang tercetak adalah jumlah gram emas yang kita miliki. Jadi, berapa pun uang yang kita belikan akan langsung dikonversi ke emas sesuai harga pada saat itu.

Gambar yang dibawah ini adalah contoh pembelian melalui ATM. Kebetulan saya menggunakan BRI. Dapat dilihat para resi tertera harga emas pada saat itu Rp 6.140 / 0,01 gram, membeli sebesar Rp 500.000 dan dikonversi menjadi 0,8143 gram.

Pembelian melalui ATM BRI dikenakan biaya administrasi Rp 2.500.

beli emas pegadaian melalui atm bri

Jika suatu saat kita butuh uang, maka tabungan emas dapat langsung dijual kembali ke Pegadaian (buyback) .

Atau...

Emas dapat dicetak dengan berat minimal 1 gram dan kelipatannya. Tentu saja dikenakan biaya cetak tergantung jenis cetakan Antam atau UBS.

Pada bagian bawah artikel ini saya melampirkan syarat dan ketentuan serta informasi tambahan pembuatan Tabungan Emas Pegadaian.

Apakah Produk Tabungan Emas Pegadaian Rugi?

Yang namanya investasi emas itu tidak akan pernah rugi. Tapi perlu diingat, harus disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Paling singkat 2 tahun.

Namanya juga "investasi",- menanam aset atau dana dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh imbal balik yang lebih besar.

Jika dibandingkan dengan tabungan uang yang disimpan pada bank, jelas bahwa emas lebih menguntungkan. Nilai uang turun kena laju inflasi, sementara emas nilainya akan tetap dan harganya akan naik.

Jika saya boleh membandingkan secara data antara uang yang ditabung dengan investasi emas selama 2 tahun terakhir dari 1 Januari 2016 s.d 31 Desember 2017, maka dapat dilihat perbandingannya sebagai berikut.

Pertama, kita butuh nilai inflasi dan harga emas.

Data inflasi saya olah dari http://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/data/Default.aspx

Data harga emas dari harga-emas.org/history-harga

Saya akan ambil contoh 1 Januari 2016. Saat itu harga emas adalah Rp Rp 545.000/gram.

Kedua, anggap Rp 545.000 saya tabung di bank dan saya beli 1 gram emas pada tanggal 1 Januari 2016.

Tabungan uang
Tahun Inflasi Nilai Uang setelah inflasi
2016 3,02 % Rp 528.541
2017 4,3 % Rp 505.814

Tabungan emas
Tahun Quantity (gram) Harga Emas
31 Desember 2016 1 Rp 588.000
31 Desember 2017 1 Rp 637.000

Dari masing-masing jenis tabungan diatas belum saya hitung biaya adminstrasi dan bunga. Yang ingin saya tunjukkan adalah tabungan emas lebih menguntungkan daripada tabungan uang. Dapat dilihat pada nilai akhir uang yang terbentuk.

Namun, jika dimasukkan biaya administrasi menjadi ...

Pegadaian : biaya admin Rp 30.000/tahun
Tabungan Bank : biaya admin Rp 11.000/bulan, bunga 0,70 % untuk tabungan 10 juta s.d 50 juta (contoh : BRI).

Yang semula uang Rp 545.000, pada tabungan uang nilainya menjadi Rp 505.814, sementara pada tabungan emas nilainya menjadi Rp 637.000 per 31 Desember 2017.

👉 Dengan membeli 1 gram saja/tahun dengan asumsi kenaikan Rp 45.000, maka sudah bisa menutupi biaya titip yang Rp 30.000/tahun.

Jadi tidak ada istilah rugi menabung emas. Mau itu di Pegadaian ataupun tempat lain. Makin lama jangka waktu investasi maka makin besar profit yang diperoleh.

Sebenarnya investasi emas itu cukup  menggiurkan. Tapi masih banyak orang yang ogah-ogahan. Jangan lihat dari profit per-gramnya yang kecil. Namun, kuantitas emas diperbanyak dan jangka waktu investasi di perpanjang.

Pilih mana, Tabungan Emas atau Kredit/Pembiayaan Emas ?

Nah, pada bagian ini saya sekaligus ingin membuat perbandingan antara produk Pegadaian yaitu Tabungan Emas dan Pembiayaan Emas. Mana yang lebih untung?


Perbandingan non-material.

Tabungan Emas
  1. Tidak perlu menyiapkan DP.
  2. Waktu fleksibel, kita dapat membeli emas kapan saja.
  3. Membayar biaya titip emas Rp 30.000/tahun.
  4. Investasi ini cocok untuk orang yang "angin-anginan", jadi tidak perlu memaksakan diri untuk membeli emas.
  5. Harga emas dinamis sesuai dengan harga pada saat itu. 
  6. Berbentuk tabungan, jika ingin dicetak dikenakan biaya cetak.

Kredit/Pembiyaan Emas
  1. Menyiapkan uang muka minimal 20% dari total pembiayaan untuk umum/perseorangan. Untuk kolektif dan sistem arisan besaran DP lebih rendah.
  2. Emas akan ditarik dan dilelang jika tidak mampu membayar.
  3. Sudah termasuk biaya penitipan. Sejak awal kita mencicil, emas akan disimpan hingga cicilan tersebut lunas. Kita tidak perlu membayar biaya penitipan lagi.
  4. Konsisten. Dengan sistem mencicil, tentu setiap bulan kita akan ditagih secara “paksa” hingga masa tenor berakhir. Nah, metode ini sangat cocok untuk orang yang sulit berinvestasi.
  5. Harga emas tetap sesuai harga pada saat akad. Misal pada saat akad harga emas Rp 600.000/gram, lalu kita mencicil selama 5 tahun. Meskipun ditahun-tahun mendatang hingga tahun ke 5 harga emas naik, kita tetap mencicil di harga akad yaitu Rp 600.000/gram.
  6. Berbentuk batangan.


Perbandingan Material
Perbandingan material adalah perbandingan dari uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan jumlah emas yang sama. Saya contohkah untuk memperoleh 5 gram emas cetakan Antam.

Kredit/Pembiayaan Emas
Perhitungan kredit/pembiayan emas cukup mudah dan dapat disimulasikan disini (http://www.pegadaian.co.id/simulasi-pembiayaan-mulia.php). Simulasi tanggal 3 Maret 2018.

Harga 1 keping emas berat 5 gr cetakan Antam metode kredit/pembiayan emas tenor 12 bulan dengan DP 20% adalah Rp 3,495,648

Tabungan Emas
Agar adil dengan perhitungan kredit emas diatas, anggap saya membeli emas setiap 2 bulan sekali sebanyak 1 gram. Pada April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember 2018.

Kita tidak tahu harga emas di akhir tahun 2018 bukan? Agar sepakat, saya ambil saja rata-rata kenaikan harga emas tahun 2016 dan 2017 yaitu Rp 45.000.

Harga 1 gram tabungan  emas tanggal 3 Maret 2018 adalah Rp 615.000.

Jadi perkiraan harga tabungan emas 31 Desember 2018 menjadi Rp 615.000 + Rp 45.000 = Rp 660.000.

Dengan asumsi kenaikan Rp 45.000/gram, artinya setiap 2 bulan kenaikan nya adalah Rp 9.000/gram

Pembelian yang saya lakukan 1 gram emas hingga akhir tahun :
  1. April 2018 = Rp 624.000
  2. Juni 2018 = Rp 633.000
  3. Agustus 2018 = Rp 642.000
  4. Oktober 2018 = Rp 651.000
  5. Desember 2018 = Rp 660.000
Harga 5 gram emas adalah total keseluruhan diatas = Rp 3.210.000


Biaya administrasi : Rp 46.000
Biaya cetakan Antam : Rp 127.000 (Daftar harga cetak dapat dicek http://www.pegadaian.co.id/pegadaian-tabungan-emas.php)
Harga 5 gram emas :  Rp 3.210.000

Harga 1 keping emas berat 5 gr cetakan Antam metode tabungan emas adalah Rp 3.383.000.

Kesimpulan

Perbandingan harga 5 gram emas cetakan Antam :
Kredit Emas : Rp 3,495,648
Tabungan Emas : Rp 3.383.000

Dapat disimpulkan bahwa harga 5 gram emas cetakan Antam lebih murah dengan metode tabungan emas daripada kredit emas. Hal ini disebabkan karena dalam kredit emas ada nilai margin yang ditetapkan oleh pihak Pegadaian.

Tapi saya tidak bisa menjamin harga kenaikan emas. Dalam contoh diatas kenaikan kita anggap Rp 45.000. Bagaimana jika kenaikan lebih tinggi dari harga tersebut? Bisa saja terjadi, sehingga sangat mungkin kredit emas dapat lebih murah daripada tabungan emas jika kenaikan emas sangat tinggi.

Cara, Syarat, Ketentuan Pembukaan Tabungan Emas Pegadaian

Cara
  • Datang ke salah satu Cabang Pegadaian
Syarat
  • Membawa ktp/sim/passpor yang masih berlaku
  • Membayar biaya sebesar Rp 100.000 yang terdiri dari biaya administrasi Rp 10.000, biaya titip emas Rp 30.000/tahun, biaya materai Rp 6.000 dan Rp 54.000-nya menjadi saldo pembelian awal emas. 
  • Mengisi form formulir yang telah disediakan

Ketentuan
  • Pembelian minimal adalah senilai 0,01 gram emas

Lain-lain
  • Biaya titip emas dapat dibayar di cabang Pegadaian atau dipotong melalui tabungan emas sebesar Rp 30.000/tahun
  • Pembelian emas dapat dilakukan melalui ATM dan internet banking BRI, ATM dan mobile banking BNI, ATM, internet dan mobile Mandiri
  • Emas dapat dicetak dengan cetakan Antam atau UBS minimal 1 gram dan kelipatannya
  • Emas dapat dijual ke Pegadaian kembali (buyback)

Pembelian Emas melalui ATM BRI
  1. Pilih transaksi lain
  2. pilih pembayaran
  3. Pilih lainnya
  4. Pilih Pegadaian
  5. Pilih beli tabungan emas
  6. Masukkan nomor rekening tabungan emas
  7. Masukkan nominal pembelian
  8. Pilih benar
  9. Pilih ya

Pegadaian Digital


Ternyata Pegadaian sudah hadir dalam bentuk digital, anda dapat mengaksesnya di digital.pegadaian.com.

Bahkan pembuatan tabungan emas dapat dilakukan secara online melalui situs tersebut. Awalnya saya kira Pegadaian tidak mampu bersaing dengan perusahaan swasta yang hadir dalam bentuk digital seperti beli emas online di IndoGold atau Tamasia. Ternyata saya salah.

Tapi tetap saja, anda diminta untuk datang ke kantor untuk mengambil rekening tabungan emas jika sudah selesai diproses. Anda juga diwajibkan mentransfer sebesar Rp 100.000 yang terdiri dari biaya administrasi, biaya titip emas dan saldo tabungan emas.

Jika anda sudah memiliki rekening tabungan emas, anda dapat integrasi data pada digital.pegadaian.com.

Kelebihannya :
  1. Dapat melihat saldo emas
  2. Terdapat grafik harga emas
  3. Pembelian tabungan emas 
  4. Order cetak
  5. Menjual tabungan emas
  6. Multipayment
Jika anda sudah memiliki tabungan emas, silahkan lakukan registrasi saja di digital.pegadaian.com. Lalu untuk integrasi data, masukkan nomor CIF yang terdapat pada buku rekening anda (lihat pada halaman awal buku tabungan). Maka, secara otomatis data anda akan terhubung.



Untuk pembelian tabungan emas, pembayaran terdiri dari BNI virtual account atau Mandiri Click Pay, pastikan anda memiliki metode pembayaran ini.

Demikian ulasan saya mengenai tabungan emas Pegadaian. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.

source image :
http://sahabatpegadaian.com (first image)

Artikel Blogger Finansial dan Pekerjaan Lainnya :

52 komentar:

  1. aku masih agak bingung sih sama hitungan tabungan emas ini. apakah nanti nilai uangnya akan dikonversi ke emas belakangan atau langsung dikonversi saat membeli saat itu? kalau dikonversi belakangan kan ya berkurang dong nilai emasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. koversi ke nilai uang pada saat transaski, baik itu mau jual atau beli sesuai dengan harga yang berlaku pada saat itu

      Hapus
  2. Bisa pakai ATM Mandiri dan BNI juga untuk nabung emas.Saya pakai Mandiri :D

    BalasHapus
  3. Sy tertarik tabungan emas pegadaian krn bs beli murah sehingga tdk byk mengeluarkan uang utk setoran pertama selanjutnya jg bs disesuaikan dg kemampuan. Rencananya buat invest pendidikan anak. Baca ulasan ini jd tdk ragu lg mau ke pegadaian...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belinya murah mbak, dimulai dari 0,01 gram saja. Kalau invest untuk pendidikan anak dicicil sedikit demi sedikit adalah cara yang cocok mbak

      Hapus
  4. Betul bngat, yang namanya investasi emas itu jarang rugi,,Belum pernah nyoba tabungan emas di pegadaian sech. Tapi bisa juga jadi alternatif investasi

    BalasHapus
  5. Emas memang nggak akan pernah surut. Turunnya nggak drastis, giliran naik waaw deh..
    Belum pernah investasi emas di pegadaian sih...

    BalasHapus
  6. Setelah baca ini, makin bergairah buat nabung emas... hahah
    Kalau dipikir2 benar juga, kalau nabung uang biasa, tidak begitu menguntungkan, sekalipun dapat bunga, itu harus dengan nominal tertentu, lagi pula kalau dalam bentuk uang seperti itu kadang lebih mudah diambil di ATM, butuh ambil2, jadi uangnya gak kumpul2 dan akhirnya kagak jadi K*win...
    Coba kalau ditabungkan ke emas, ngeliat sekilas dari tabelnya saja, menabung emas itu memang menguntungkan... jadi kaya ada harapan buat dapat lebih gitu,, hahah...
    Kalau disuruh pilih menabung emas, atau kredit emas, saya lebih menabung emas saja... hahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunga yang didapatkan dari tabungan uang sangat kecil, apalagi jika jumlah tabungan kita kecil. Hasil bunga nya tidak akan berasa manfaatnya. Malah tabungan habis kena biaya admin.

      Hapus
  7. Aku udah cukup lama menabung emas buat investasi. Ngumpulin aja pelan-pelan tergantung kemampuan saat itu. Dan memang beberapa kali waktu butuh dana segar, emas tadi bisa membantu banget. Makanya sampai sekarang aku masih ngumpulin, Sab :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, karena emas untuk investasi, dikumpulkan teru ya kak, suatu saat butuh tinggal jual saja.

      Hapus
  8. klo saya sih lebih suka cicil emas di bank syariah aja :-)
    untuk tabungan emas di pegadaian, mungkin akan coba juga.. untuk cari perbandingan yg menguntungkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cicil emas di bank syariah biasnya menggunakan pembiayaan multiguna, di awal Pihak bank sudah menetapkan marginnya bang, kurang lebih sama sih besarannya dengan Pegadaian

      Hapus
  9. Akhirnya ulasan yang saya tunggu hadir juga di blog ini.

    Memang, tabungan dalam wujudvuang itu musuhnya cuma satu: inflasi. Itulah yang bikin rugi kalau kita numpuk uang di bank.

    Beda dengan emas, jumlahnya yang terbatas membuat harganya jarang turun (atau mungkin malah tidak pernah?). Sehingga berinvestasi emas jelas lebih menguntungkan.

    Tapi kayaknya perlu diitung lebih detail lagi Mas, kalau nggak keberatan, sekalian dimasukkan biaya administrasi dan biaya lain2 yang dibebankan kepada nasabah. Sehingga kita bisa benar2 tahu berapa sebenarnya keuntungan bersih dari menabung emas ini.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kalau saya masukkan biaya admin nya lagi, tabungan uang makin banyak yang terpotong. Secara dari inflasi saja nilainya sudah terpotong. BUnga juga sangat kecil tidak akan bisa menutupi biaya admin yang setiap bulannya, tapi baiklah saya akan melampirkan biaya admin

      Hapus
  10. Subhanallah ulasannya lengkap sekali. Makasih ya. Jadi kepikiran juga buat investasi emas begini

    BalasHapus
  11. Nabung di pegadaian malah membuat saya tenang dan nyaman. Mau nabung berapapun udah dihitung jadi emas. Malah perhiasan saya jual dan jadiin tabungan emas. Daripada ga dipake. Suatu saat bisa buat kebutuhan anak. Ulasannya lengkap mas.

    BalasHapus
  12. bisa jadi pilihan menabuung, lebih menguntungkan dari pada konvensional.

    BalasHapus
  13. kalau nabungnya dikit, agak ngenes setelah liat potongan biaya titip dan lainnya, kalo nabungnya banyak mungkin menarik yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. potongan pegadaian Rp 30.000/tahun, seandainya kita cuma beli emas 1 gram pertahun dengan estimasi kenaikan Rp 45.000, sudah bisa menutupi biaya admin

      Hapus
  14. lumayan juga ya nabung di emas kayak gini.. makin tertarik kan saya jadinya hehe

    BalasHapus
  15. Saya sebenarnya tidak begitu mengerti pembahasan tentang pegadaian dan yang berkaitan dekat dengan itu. Tapi setelah menyimak betul isi dari artikel ini saya jadi paham bahwa menabung di pegadaian adalah salah satu solusi buat masa depan. Blog yang sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  16. berarti kita harus rajin untuk cek harga emas ya mas, jangan sampai kita jual pas harganya turun dari yang kita beli, rugi pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, cek harga bisa salah satu cara menghindari kerugian atau disimpan dalam jangka panjang. Melihat dari histori harga emas makin lama makin naik. Jadi jual bertahun-tahun kemudian saja.

      Hapus
  17. Infonya komplit. Jadi pengin mencoba menabung emas.

    BalasHapus
  18. Saya baru tau program tabungan emas dr pegadaian ini. Nyimpan emas minimal 2 tahun memang ga pernah rugi *pengalaman jg, tp sekarang ga punya emas, hiks*.
    Sebelumnya taunya yg kredit itu, tp itu serasa punya hutang jadinya.
    Yang tabungan ini boleh juga dicoba.

    BalasHapus
  19. Saya jadi tertarik buat nabung emas nih,, biasanya malah ambil tabungan berjangka di bank,,

    BalasHapus
  20. investasi yang aman sepertinya, menarik nih baru tahu saya, selain deposito sepertinya lebih menarik tabung emas

    BalasHapus
  21. lengkap sekali ulasannya kak, jadi tau investasi emas di pengadaian neh, sebelumnya taunya pengadaian itu ya uuntuk barang-barang yang mau di gadaian. tyernyata bisa juga ya berinvestasi di sana.

    BalasHapus
  22. Dari dulu pengen banget nyoba kayak gini, tapi masih ragu-ragu.

    BalasHapus
  23. aku masih ragu nitip LM di Pegadaian, takut kegedean tetek bengeknya, ternyata cukup terjangkau ya, 30rb / tahun sih murah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya titipnya cukup murah mbak, seandainya kita hanya punya 1 gram emas saja per tahun dengan estimasi kenaikan Rp 45.000 sudah bisa menutupi biaya adminnya mbak

      Hapus
  24. Wow! Ini hitung-hitungan banget ya. Kayaknya harus baca dua kali soalnya... belum saya aplikasikan ke tabungan sendiri. Kebetulan, saya juga ada tabungan emas Pegadaian. Jadi, ini bisa banget untuk simulasi hitungan.

    BalasHapus
  25. Wah, menarik nih. Saya jadi tertarik buat menabung emas saja, soalnya tabungan uang rawan banget untuk ditilep alias nggak disiplin, hehe :D

    BalasHapus
  26. Thanks mas buat sharingnya, saya masih maju mundur untuk menabung emas.

    BalasHapus
  27. jadi pengin coba juga. sekalinya nabung di bank suka boros alias sering belanja online terus.

    BalasHapus
  28. Saya kenal orang yang sekarang jadi salah satu orang terkaya didaerah saya. Dulu beliau bekerja sebagai tukang sapu. Lalu gaji beliau disisihkan untuk beli emas. Setiap ada uang beliau belikan emas 1 gram secara rutin dan disimpan dalam kotak kaleng yang disembunyikan dibawah ubin rumahnya. Setelah bertahun-tahun penuh beliau jual dan dibuat beli tanah...

    Daaan... menurut saya ivestasi emas gak bisa untuk investasi jangka pendek, satu-dua tahun masih kurang untuk dihitung keuntungannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 atau 2 tahun memang masih kurang, cuma bagi yang ingin jangka waktu pendek cuma untuk menghindari nilai uang kita berkurang karena nilai inflasi saja. akan lebih baik jangka panjang

      Hapus
  29. Bermanfaat banget artikelnya.
    Jadi tau banyak hal tentang investasi emas.
    lebih aman gini ya, ketimbang beli simpan di rumah trus hilang hehehe

    BalasHapus
  30. makasih sharingnya, jd ada altrebatlain untuk menanbungif

    BalasHapus
  31. Saya baru tahu lho Pegadaian punya tabungan emas yang kayak gini. Selama ini saya menabung emas di Pegadaian dengan cara mencicil. Setiap bulan kita harus setor uang sejumlah cicilan yang udah ditetapkan, misal Rp500 ribu per bulan selama setengah tahun. Kalau telat, denda. Setelah cicilan ini selesai, saya mau buka tabungan emas aja deh. Jadi bebas mau nyetor berapa dan kapan, ya. Makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, tabungan emas banyaak kemudahannya, lebih nyaman dan aman, kita juga ga perlu khawatir jika suatu saat tidak bisa bayar, karena kan suka2 belinya mau kapan saja

      Hapus
  32. Pengen nyoba sih.
    Buat tabungan aja gitu.

    Makasih buat infonya ya mas.

    BalasHapus
  33. Saya tertarik menabung emas tapi apa tabungan emas seperti ini ada payung hukumnya smcm UU ttg tabungan emas ? Soalnya agak ngeri juga kalo tabungannya gak dilindungi hukum walaupun sekelas pegadaian bs saja Ada apa2 nntinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tabungan emas sama seperti tabungan uang. Sama-sama aman

      Hapus
  34. sudah lama aku tertarik sama inves emas ini tapi sayang belum terlaksana hehe..skrg bukan dipenggadaian saja di bank syariah jg banyak ya. informasinya jelas sekali detail, buat saya yg kurang paham menjadi paham. tks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bank syariah ada, bahkan di olshop juga ada

      Hapus
  35. jadi tau perbandingannya tabungan emas dan pembiayaan emas nih, temenku pernah cerita2 tp akunya nggak ngeh dgn cara kerjanya

    BalasHapus
  36. komplit banget pemaparannya.. nabung emas tentu lebih menguntungkan..

    BalasHapus
  37. Aku punya tabungan di pegadaian tapi ya aku sekadar setor aja, kalo soal teknisnya atau untung/rugi yang didapat mah nggak tau yang penting nyetor wkwk

    BalasHapus

Komentar spam tidak akan di-approve.

Copyright © 2017 Blogger Finansial dan Pekerjaan by Sabda Awal