Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold

Artikel terkait : Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold

Ini adalah artikel ketiga yang saya terbitkan tentang investasi emas. Bagi yang ketinggalan dapat membaca tulisan saya sebelumnya cara mudah, murah dan aman investasi emas. Pada artikel tersebut saya menjelaskan mengapa saya memilih investasi emas, salah satu alasannya karena emas bersifat liquid yang artinya dapat dicairkan dalam waktu singkat.

Investasi emas mudah, karena kini banyak lembaga yang menyediakan jual-beli emas, baik bentuk perhiasan, logam mulia, maupun berbentuk tabungan. Murah, karena kita dapat membeli emas seberat 0,01 gram saja. Aman karena lembaga sudah terjamin dan beroperasi cukup lama.

Artikel kedua, saya membahas khusus tentang investasi emas Pegadaian. Lengkapnya silahkan baca benarkah tabungan emas pegadaian rugi? Begini pengalaman saya.

Pada artikel tersebut saya membandingkan antara tabungan uang dan emas. Membandingkan tabungan emas dan kredit emas pegadaian. Cara membuka tabungan emas serta syarat dan ketentuannya.

Karena menariknya investasi emas ini, maka saya pun mencoba berinvestasi emas secara online. Setelah mencari informasi yang valid akhirnya saya menemukan IndoGold (dulu AntamGold) dan Tamasia.

Saya ingin membandingkan antara investasi emas di Pegadaian dan secara online (IndoGold dan Tamasia). Jika berkesempatan saya akan mengulasnya kemudian secara khusus dan detail pada artikel berikutnya.

Nah, tabungan emas online yang pertama kali saya coba adalah IndoGold. Salah satu yang menarik dari sistem online ini adalah membuka akun tidak ribet. Cukup secara online saja. Maka kita akan mendapatkan akun dan bisa membeli emas.

Pengalaman Beli Emas di IndoGold

Saya sudah lama tahu tentang indogold.com ini. Tahun 2017 lalu salah seorang teman saya sempat membeli emas berbentuk batangan seberat 25 gram seharga 14 juta-an dan dikirim melalui pengiriman.

Emasnya bersertifikat Antam.

Wuihh,  lewat jasa kiriman dan "untungnya" sampai dengan selamat πŸ˜„.

Kalau saya sendiri tidak berani menyimpan emas dalam bentuk fisik. Takut hilang!

Seperti 25 gram itu ternyata kecil lho.

Maka dari itu saya lebih nyaman membeli emas dalam bentuk tabungan. Meskipun ada biaya titip yang harus di keluarkan di Pegadaian tidak masalah. Oh ya, bentuk tabungan juga tidak dikenakan biaya cetak pastinya. Selain itu, saya dapat menjualnya kapan saja melalui buku tabungan saya.

Sebelumnya saya sudah punya tabungan emas di Pegadaian. Niat hati ingin menyimpan di Pegadaian sangaaat lama.

Tapi karena saya sadar investasi emas ini cukup menggirukan, maka saya pun membuka akun di IndoGold.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Akun di IndoGold


Ada 2 alasan utama mengapa saya memilih IndoGold, yaitu...

Jika ingin dijual...tinggal dijual saja secara online. Lebih cepat dan ringkas. Hasil penjualan akan ditransfer ke rekening.

Kedua adalah harga buyback yang sangat menguntungkan. Perbedaannya hanya 10ribu-an.

Akhirnya awal bulan Maret saya membuat akun di IndoGold, lalu memilih produk Tabungan Emas-nya.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Saya sudah membeli sebanyak 1 gram

Jadi saat ini saya investasi emas di 2 tempat, yaitu Pegadaian dan IndoGold.

Pegadaian untuk jangka panjang, sementara IndoGold untuk jangka pendek, mungkin 2-3 tahunan dengan membelinya secara rutin setiap bulan.

Dibawah ini saya sharing lebih jauh tentang IndoGold. Cara registrasi, produk yang ditawarkan, cara pembayaran, metode pembelian emas, dan 1 hal kekhawatiran saya di IndoGold.
***

Apa itu IndoGold?

IndoGold.com (dulu AntamGold) adalah perusahaan yang bergerak di bidang trading emas logam mulia bersertifikasi PT. Antam semenjak tahun 1978. Saat ini situs IndoGold.com melayani jual-beli emas LM (logam mulia) Antam, LM King Halim, LM UBS, perak LM HMV Bullion, Perak SRH dan layanan Tabungan Emas.

Kantor berlokasi di Ruko TangCity Blok D52 Jl. Jenderal Sudirman No. 1 Babakan Tangerang.

Jika dilihat dari lamanya perusahaan ini beroperasi saya yakin aman dan terpercaya. Jika kita melihat dari tampilan websitenya dan fitur yang ditawarkan juga cukup meyakinkan. Situs dilengkapi dengan profil perusahaan, customer service dan support melalui nomor telepon serta sosial media.

Bahkan saya sempat bertanya ke OJK, tapi jawaban OJK bahwa perusahaan trading emas bukan ranah mereka, haha. Saya salah tempat bertanya  πŸ˜‚.


Layanan IndoGold

Layanan Tabungan Emas adalah layanan dimana Anda dapat membeli dan menjual emas mulai dari berat terkecil 0,001 gram atau sekitar Rp 600-an saja (harga 26 Maret 2018). Emas hasil pembelian dan penjualan yang dilakukan melalui sistem Tabungan Emas akan dititipkan sementara ke pihak penyelenggara hingga ada perintah Penarikan Barang atau Penarikan Uang hasil penjualan. Minimal penarikan barang adalah 1 gram. Biaya titip GRATIS untuk layanan Tabungan Emas.
Cicilan Emas. IndoGold menyediakan layanan cicil bagi member. Pengambilan barang di kantor atau di toko rekanan dapat dilakukan ketika seluruh kewajiban dipenuhi.
Gadai Emas. IndoGold menyediakan layanan pinjam dengan agunan emas. Mirip dengan gadai Pegadaian, Anda harus mendatangi kantor/toko rekanan.
Forum Jual Beli. IndoGold menyediakan forum jual beli agar sesama member bisa saling melakukan transaksi. Hal ini memudahkan member untuk menawarkan barangnya ke member lain dengan harga lebih baik. Hal ini juga menguntungkan member yang ingin membeli dengan harga lebih murah.

Membuat Akun di IndoGold

Untuk bisa bertransaksi di IndoGold Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Menurut saya pribadi, proses pendaftaran sangat mudah dan gratis. Tidak ada persyaratan khusus, hanya ktp untuk membeli dan npwp untuk menjual kembali.

Cara registrasi

1. Silahkan ke halaman registrasi atau kunjungi situsnya di indogold.com lalu pilih login/register. Nah, Anda akan dihadapkan halaman login, karena belum punya akun, silahkan pilih Daftar Sekarang agar diarahkan ke halaman register.

Yang harus diisi, nama, email, nomor hp, dan password seperti gambar dibawah ini.
Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Form Registrasi


2. Email confirmation.

Untuk mengaktifkan akun Anda, silahkan konfirmasi link aktivasi yang dikirim ke email yang didaftarkan tadi.



3. Phone confirmation.

Setelah itu, Anda akan berada pada halaman konfirmasi melalui nomor hp. Silahkan input nomor hp yang didaftarkan.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Verifikasi nomor hp 1


Kemudian, tunggu... hingga ada nomor telepon yang masuk, tapi cuma miscall saja. Nomor telepon yang saya terima diawali 021. Nah, 5 digit terakhir nomor telepon tersebut dimasukkan seperti gambar dibawah ini.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Verifikasi nomor hp 1


3. Update Profil.

Sebenarnya sampai langkah ketiga Anda sudah memiliki akun. Namun, profil harus di update.

Upload  KTP agar dapat membeli produk di IndoGold.

Upload NPWP wajib! Jika suatu saat Anda ingin menjual produk kembali (layanan tabungan emas).

Ada isian alamat surat menyurat/pengiriman, rekening bank dan ahli waris.

Dengan adanya pengisian data ahli waris ini, jika sewaktu-waktu meninggal bisa dialihkan ke ahli waris.



4. Upgrade (optional).

Di IndoGold ada 2 jenis member, Basic dan Gold. Saat pertama kali mendaftar, Anda otomatis sebagai basic member. Untuk menjadi gold member ada biaya yang harus dikeluarkan yaitu Rp 300.000/tahun.

Adapun kelebihan gold member :
  1. Saldo emas terlindungi asuransi kebakaran dan perampokan hingga Rp 50.000.000
  2. Fitur booking barang jika produk fisik yang tersedia sudah habis untuk penarikan saat ini.
  3. Harga jual-beli lebih bersahabat. Jika saya perhatikan, harga jual lebih murah hingga Rp 1.000.
  4. Biaya cetak Antam lebih murah.

Cara Membeli Emas di IndoGold

Ada 3 cara untuk membeli emas di IndoGold.

Pertama,
Beli dalam bentuk kepingan langsung yang terdapat pada menu quick buy. Emas yang Anda beli dapat dikirim ke alamat tujuan.

1.1 Pilih menu quick buy

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold

 1.2 Pilih jenis produk yang diinginkan, lalu kuantitasnya.
Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Form Order

1.3 Lakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran.
Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Pembayaran




Kedua,
Beli emas dalam bentuk tabungan emas. Artinya, emas yang dibeli akan tersimpan di dalam akun berbentuk saldo. Anda dapat mencetaknya atau menjualnya kembali sehingga memperoleh fresh money.

Produk ini yang saya ambil.

 2.1 Pada menu Tabungan Emas, pilih Beli.
Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Menu Tabungan Emas

2.2 Pilih produk yang diinginkan, lalu jumlah kuantitas dan metode pembayaran.

Untuk pembayaran ada beberapa cara. Yang saya pilih adalah BNI E-Collection, nanti di email akan ada diberitahukan cara pembayarannya. Jika Anda memilih seperti saya, pembayaran atas virtual akun atas nama sendiri.
Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Form Order

2.3 Setelah pembayaran selesai, maka saldo akan bertambah.
Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Saldo



Ketiga,
Beli emas dalam bentuk cicilan. Minimal order 10 gram dan sudah dalam bentuk kepingan. Setelah lunas, emas akan dikirim ke alamat tujuan.

3.1 Pada menu cicilan, pilih Cicilan Baru.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Menu cicilan

3.2 Pada form order silahkan masukkan kuantitas yang dipilih dan masa tenornya.
Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Form Order

Lain-Lain
Yang menjadi perhatian saya hanya satu...
Yaitu basic member dan gold member.

Di atas sudah saya sebutkan jika gold member membayar Rp 300.000/tahun, tapi untuk basic member gratis.

Salah satu keuntungan gold member ada asuransi hingga Rp 50.000.000 layanan tabungan emas. 

Bagaimana dengan basic member? Yup tidak ada asuransi.

Saya sudah bertanya melalui email. Jika seandainya terjadi perampokan/kebakaran/bencana alam lalu berakibat kepada hilang/rusak emas konsumen, maka Indogold akan memprioritaskan gold member ini.

IndoGold me-klaim ke pihak ketiga, jika dari seluruh klaim asuransi gold member ada berlebih/bersisa, maka sisa itu yang dibagikan ke basic member.

Sangat disayangkan sebenarnya...karena muncul kekhawatiran pada konsumen basic member seperti saya.

Jika pun basic member harus membayar biaya titip emas bagi saya tidak masalah. Seperti Pegadaian yang membayar Rp 30.000/tahun itu lebih baik agar emas kita tetap aman dan terjamin. 

***

Sumber gambar :
  • Gambar hasil screenshoot situs indogold.com dengan editting.

Artikel Blogger Finansial & Pekerjaan Lainnya :

25 komentar:

  1. wah tambahan ilmu baru nih,sip :D

    BalasHapus
  2. Ya ampunnn jaman makin canggih aja dan memudahkan ya. Baru tau bisa beli emas secara online. Sukses ya Mas Sabda insvestasinya πŸ‘

    BalasHapus
  3. wah ini opsi berinvestasi yg boleh dicoba.. terimakasih ulasannya Mas..

    BalasHapus
  4. Aku sering buka indogold bukan buat investasi sih, tapi buat mantau harga emas perhiasan wkkwkw...

    Oh iya, btw setiap daku mampir ke sini daku kan bukanya via hape, kok nggak nemu tanggal, bulan tahun artikelnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, indogold ada menyediakan grafik harga emas,

      memang ga ada tanggal publish artikelnya, hehe

      Hapus
  5. Kasian juga sih yah basic member, mending beli yang gold member aja atuh bro hahah,
    Jadi sekarang tinggal bandingkan saja, mau invest emas secara offline di pegadaian emas secara langsung atau online melalui Indogold.... ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mahal kalau mau jadi gold member, sementara kita beli emasnya masih sedikit,

      Hapus
  6. Jadi tahu tentang invest emas. Makasih sharingnya mas.

    BalasHapus
  7. aku suka banget deh blognya mas, bikin mikir, mikir pengen investasi,, hihihi... di bookmark dulu ah, sapa tau jadi kepengen investasi emas juga :D

    BalasHapus
  8. kok begitu jlimet ya cara beli emas di IndoGold, harus pake verifik no hp juga,

    sepertinya lebih muda membeli dan menjual emas ditoko Mas, jual pulang bawa duwit, beli pake duwit pulang bawa emas...gampang nggak repot kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. verif hp bagian dari registrasi, agar datanya valid.

      Kalau investasi lebih baik logam mulia daripada perhiasan

      Hapus
  9. Cukup mudah ya kak, cara daftarnya, keren nih IndoGold, referensi untuk membeli emas.

    BalasHapus
  10. aku sempet tertarik waktu baca postingan tabungan mas di pegadaian, dan makin tertarik lagi ps tau ada tabungan emas online juga haha lebih mudah dan dijamin aman kan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman kok, beli emas lebih mudah sekarang, banyak pilihan mau beli dimana

      Hapus
  11. ih pasti mas ini simpenan emasnya banyak...

    BalasHapus
  12. Keren banget ulasan tentang emasnya. Mesti punya nih buat investasi. Caranya antara gampang dan susah tapi kayaknya mesti dipahami dulu nih biar ga salah kan sayang uangnya hehe tq infonya sangat bermanfaat ☺πŸ‘Œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli emas online seperti belanja online kok mbak, ga sulit. registrasi, beli emas, transfer uang

      Hapus
  13. Pada akhirnya ada satu kenyataan yang sulit untuk kita tolak: yang punya duot banyak yang mendapatkan fasilitas lebih. Well, dalam dunia bisnis apalagi yang dijalankan pihak swasta itu sangat wajar.

    Tapi yang jelas kehadiran Indogold cukup memberikan pilihan bag kita untuk berinvestasi emas secara aman dan nguntungin.

    Kalau baca ulasan ini, prosesnya pun menurut saya tidak terlalu rumit. Sepertinua Indogold cukup paham dengan keinginan generasi milenial yang ga mau ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, sebenarnya langkahnya ga ribet, registrasi, beli emas, tinggal transfer, maka emas langsung masuk ke portofolio, cocok untuk generasi millenial

      Hapus
  14. wajah ibu bupati kenapa muncul terus ya, hehe. Hmm makin tertarik nih untuk investasi emas, sepertinya lebih menguntungkan ya

    BalasHapus
  15. Wuih, lengkap nian infonya. Terimakasih sdh berbagi😊

    BalasHapus
  16. Kayaknya mending invest emas di pegadaian ya. Daridulu sebenarnya pengen investasi emas cmn masih ragu tapi setelah baca postingannya yg investasi di pegadaian, saya jadi makin yakin. Makasih sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di pegadaian, memang sudah sangat kita kenal mba,

      Hapus
  17. Ternyata untuk investasi seperti emas juga sudah diperjual belikan secara online. Baru tahu klo bisa via online

    BalasHapus

Komentar spam tidak akan di-approve.

Copyright © 2017 Blogger Finansial & Pekerjaan by Sabda Awal