Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka

Artikel terkait : Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka

Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka!

Kalau di luar negeri banyak blogger finansial yang berseliweran. Bahkan mereka punya spesialisasi masing-masing. Ada yang khusus investasi, asuransi, money management, pensiun, sampai yang membagi keuangan pribadi mereka sendiri.

Sementara di Indonesia masih sangat sedikit blog finansial yang dikelola secara indipenden oleh perseorangan. Tapi, kalau yang berbasis media besar ada banyak seperti Finansialku, Cermati, HaloMoney, dan AturDuit . Dari itu saya mengumpulkan mereka,- blogger finansial yang langka ini.

Soal kualitas tulisan? Saya rasa tidak perlu diragukan. Mereka cukup expert dalam bidangnya masing-masing.

Ada yang memang profesinya berkaitan langsung dengan keuangan, adapula yang tidak,-Seperti saya 😁 yang tidak punya backround pekerjaan keuangan sama sekali, cuma lulusan STAN saja kok, hehe.

Saya berhasil mengumpulkan mereka karena saya sendiri juga membahas tentang finansial dan berinterakasi dengan beberapa diantara mereka.

Baiklah, mari kita berkenalan 7 Blogger Finansial Indonesia ini.

Daftar Blogger Finansial Indonesia

Saya telah melist 7 daftar blogger finansial Indonesia :
  1. Duwitmu.com
  2. DaniRachmat.com
  3. Diskartes.com
  4. SlaveBerdasi.com
  5. Irfan.id
  6. CatatanKeluargaMuda.com
  7. BlogSabda.com 
Nah, apa saja yang mereka bahas? Begini detailnya.

1. Duwitmu.com

Saya tidak punya informasi lengkap tentang pemilik blog ini. Namun, pada sidebar blog terdapat profil penulis dengan nama Rio.

Saya kutip dari profil beliau, Mas Rio menjelaskan...
Perbankan, asuransi, pasar modal dan rencana keuangan adalah bidang yang saya geluti selama kurang lebih 15 tahun. Pengalaman itu yang saya bagi lewat Blog Duwitmu karena prihatin melihat banyak orang melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan keluarga.
Apa saja yang dibahas Mas Rio di blognya?

Berbagai jenis instrumen investasi seperti reksadana, tabungan, emas dan saham.

Mengelola keuangan yang terdiri dari rencana keuangan, asuransi, dan pengeluaran.

Tak lupa pula, Duwitmu membahas tentang hutang KPR rumah dan kartu kredit.

Selain itu Mas Rio juga membahas berbagai produk keuangan.

Saya jamin anda akan semakin "pintar" finansial setelah membaca blog beliau.

Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka!

2. DaniRachmat.com

Mengusung judul blog Duit dan Hidup di Obrolin Santai, memang benar Mas Dani mengulas finansial dengan santai dan mudah dipahami. Bahkan, sangking santainya menggunakan kata "Lu Gue" di setiap tulisannya.

Beliau punya quote menarik yang saya kutip dari blognya.
Kita sendiri yang harus bertanggung jawab pada keuangan kita. Orang lain sama sekali tidak peduli karena mereka tidak punya kepentingan. Kecuali mereka mau minjem duit dari kita.
- personal wisdom
Punya background kerja di bank selama 10 tahun, lulus ujian WAPERD (Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana), memperoleh gelar CFP (Certified Financial Planner) dan lulus ujian WMI (Wakil Manajer Investasi) sudah cukup meyakinkan bahwa Mas Dani cukup berpengalaman dalam urusan finansial.

Mas Dani membahas tentang asuransi, perencanaan keuangan dan jenis-jenis investasi. Saya sendiri juga banyak belajar dari blog beliau. Meskipun jarang meninggalkan komentar di blognya, tapi tetap rajin baca 😂.

Selain blog, Mas Dani punya sosmed, pastinya dong! Dan yang paling saya suka konten di instagram @danirachmat yang penuh dengan bahasan finansial dan mengusung hashtag #PengabdiGajian.

Saya dan Mas Dani sering berinteraksi di twitter dan instagram.

Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka!

3. Diskartes.com

Pemilik blog ini bernama Andhika Diskartes yang sudah berkutat dengan dunia investasi selama 1 dekade. Saya pernah berinteraksi dengan Mas Andhika di twitter dan berdiskusi ringan tentang asuransi unitlink.

Awal interaksi itu membuat saya kenal bahwa Mas Andhika mengelola blog finansial. Saya kutip dari blognya...
Diskartes.com dibangun pada tahun 2015 sebagai rujukan investasi pasar modal, teknologi blockchain, maupun analisis perekonomian Indonesia.
Tenang saja, tulisan makro ekonomi hanya sebagian saja, sisanya membahas tentang saham, perencana keuangan, blockchain dan fintech.

Berdasarkan profesi yang dijalani, saya yakin Mas Andhika expert di bidang investasi,- terutama saham... setelah saya mengeksplore blognya, itulah kesimpulan saya. CMIIMW 😉

Mas Andhika juga menyediakan jasa konsultasi investasi dan ekonomi baik itu melalui tatap muka, email, dan aplikasi chatting.

Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka!

4. SlaveBerdasi.com

SlaveBerdasi cenderung merahasiakan indentitasnya, meskipun pada akhirnya saya tahu identitas SlaveBerdasi setelah kami berkomunikasi melalui DM.

Untungnya SlaveBerdasi percaya dengan saya. Iya, saya akan tetap merahasiakan identasnya kok. Semoga saja Mas Bro membaca ini.

Anyway, SalveBerdasi bekerja sebagai potofolio manager dan pernah di asset management. Pada awalnya saya tidak paham dengan pekerjaan ini. SalveBerdasi menjelaskan ke saya...saya manggut-manggut paham...

Jadi, karena bidang pekerjaan di portofolio manager maka SlaveBerdasi paham betul dengan saham. Sebagian besar isi blog SlaveBerdasi berisi analisa saham, meskipun begitu terdapat juga bahasan finansial lainnya seperti properti, financial freedom dan obligasi.

Oh, selain itu SlaveBerdasi juga membahas tentang ekonomi.


Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka!


5. Irfan.id

Mengusung tagline About Life and Work Balance, Muhammad Irfan selaku pemilik blog membahas tentang investasi saham, reksadana, kerja dan bisnis serta sisi "life" yaitu menulis tentang drama korea, liburan dan hobi.

Saya dan Irfan sebayaan. Kami sering komunikasi baik melalui sosial media maupun whatsapp.

Muhammad Irfan adalah blogger finansial pertama yang saya kenal saat kami berdua menjadi pemenang sebuah kontes blog bertemakan menabung tahun 2017.

Saya kutip dari blognya, Irfan mengatakan...

Kebanyakan isi blog ini merupakan pengetahuan tentang keuangan, seperti investasi, saham, reksa dana dan kategori lainnya yang berhubungan dengan keuangan. Jadi buat yang kepo pengen investasi saham atau reksa dana bisa tanya saya aja, jangan malu-malu


Irfan pernah bekerja di Mandiri Investasi, jadi dapat disimpulkan bahwa Irfan banyak paham tentang investasi terutama saham dan reksadana.

Dari sisi finansial, Irfan banyak mengulas berbagai perusahaan sekuritas, berikut cara pendaftaran, penggunaan aplikasi, dan jual-beli saham.

Artikel lainnya Irfan juga membahas beberapa produk keuangan.

Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka!

6. CatatanKeluargaMuda.com

Saya tidak punya petunjuk siapa pemilik blog ini, karena tidak ada informasi pribadi di blog ini. Tapi yang jelas saya tahu kalau si empu blog adalah teman Mas Dani Rachmat.

Jika melihat dari twitter yang juga minim informasi, pemilik blog ini di adalah @JrPlanner (twitter) dengan nama Tofan Saban.

Saya kutip dari profil beliau :
Mantan analis perbankan dengan ketertarikan yang sangat tinggi di bidang perencanaan keuangan, investasi dan fintech. Saat ini berkecimpung di dunia usaha khususnya industri fintech lending dan UMKM. Co-founder dari @aktivaku, @bugaragaid dan @sapikate, juga fotografer level amatir.

Seluruh tulisan berfokus kepada finansial untuk keluarga muda. Mulai dari perencanaan keuangan  untuk anggaran keluarga, dana darurat dan pensiun, bahasan khusus tentang finansial anak terkait pendidikan, asuransi, hingga beragam instrumen investasi seperti emas, saham, reksadana dan properti.

Blog ini sangat cocok bagi yang sudah berkeluarga sebagai refrensi mengatur dan merencakan keuangan.

Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka!

7. BlogSabda.com

Daftar terakhir adalah saya sendiri 😂. Saya mulai belajar finansial sejak 2014. Saat itu saya sudah punya penghasilan, lalu bingung uangnya mau dikemanakan. Akhirnya pilihan jatuh membeli tanah.

Seiring berjalannya waktu saya belajar lebih banyak, tentang jenis investasi dan money management. Lalu, lahirlah blog ini di Oktober 2017.

Insipirasi saya berasal dari retireby40.org

Blog tersebut saya banget. Seolah-olah saya sedang bercermin. Semua pengalaman finansial pribadinya dibagikan di blog tersebut. Sebuah kekuatan storytelling yang luar biasa.

Kira-kira begitulah saya akan membawa BlogSabda ini kedepannya. Dengan mengandalkan kekuatan storytelling dan berdasarkan pengalaman finansial pribadi dalam menulis.

Awal blog ini dibuat berkonsep finansial + pekerjaan, maka anda akan menemukan beberapa artikel tentang profesi seperti Bea Cukai/Pajak, Telkomsel, Local Staf KBRI, dan PLN. Namun, sekarang fokus total tentang keuangan.

Berbeda dengan blogger diatas yang memiliki background keuangan, sementara saya tidak sama sekali. Saya belajar dari banyak buku dan refrensi di internet lalu menerapkannya.

Saya membagikan seluruh pengalaman finansial saya di blog ini, memilih investasi dan menghitung profit, budgeting, asuransi, evaluasi finansial, dan hal lain yang berhubungan dengan keuangan.

Saya berharap blog ini memberi manfaat kepada banyak orang, terkhusus bagi generasi muda usia 20-an yang belum belajar literasi keuangan. Dengan melek finansial, semua akan terencana dengan rapi, baik untuk mencapai target finansial jangka pendek maupun jangka panjang.  

Inilah 7 Blogger Finansial Indonesia,- Belajar Keuangan Dari Mereka!

***

Apakah anda butuh refrensi literasi keuangan? Silahkan mampir di daftar blogger finansial Indonesia diatas. Sudah saatnya kita belajar dan paham finansial sejak dini.

Apakah anda blogger finansial juga? Silahkan tinggalkan komentar, nanti bisa saya masukkan ke dalam list ini.

Demikian sharing saya tentang blogger finansial Indonesia, semoga bermanfaat.

Hello Finance! Make it fun!

Artikel Catatan Finansial PNS Muda Lainnya :

51 comments:

Komentar spam tidak akan di-approve.

  1. Otw follow semuanya, sebelumnya baru baca-baca blog kamu dan mas Dani aja.
    Makasih ya tulisannya, akhirnya sekarang saya sudah buka RDI. Masih modal ratusan ribu, tapi lumayan udah nyicip cuan.

    Dulu saya pikir saham itu njelimet banget, kalau lihat di TV penuh chart, angka-angka, kode-kode, nggak ngerti pokoknya. Tapi pas baca-baca blog dengan bahasa yang sederhana jadi tertarik lagi belajar, ternyata nggak sesuah itu. Apalagi urusan baca kode, perempuan jagonya wkwkw.

    Keep writing, keep inspiring.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah nyicip cuan berarti udah mantap mbak...

      Iya sih, belajar saham itu ga terlalu sulit2 banget,,, bener apalagi perempuan jago baca kode

      Delete
  2. aku ngikutin duwitmu dan mas sabda hehehee menurutku mas sabda salah satu blogger finansial yang enak dibaca tulisannya <3

    ReplyDelete
  3. Sekarang blog ini sudah menemukan nichenya, semangaaaat....

    ReplyDelete
  4. Finansial, diatur aja kadang bocor kemana-mana, apalagi ga diatur, hehe...
    Membahas tentang finansial terkait shadaqah juga ga nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk sosial/kewajiban agama seperti zakat, sedekah n lain2... tinggal dikondisikan aja mas sama kondisi budgetnya

      Delete
  5. mantap nih blogsabda.com...semoga bisa mengikuti para mereka yang sudah lebih dahulu mastah dibidang keuangan yaaa

    saya juga masih belajar banyak soal keuangan hihih..minimal keuangan pribadi.aamiin

    ReplyDelete
  6. Wah masnya baru ngeblog akhir tahun 2017 toh? Kirain udah lama malang melintang di dunia perblogan kalo dilihat dari tulisannya yang mudah dimengerti, secara blog finansial kan nggak cuman huruf saja ya, ada angka2nya, dan itu butuh keahlian khusus, haha. Keren lah blogsabda nih. Semoga makin jaya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblognya udah dari 2011 mas, tapi blog ini mulai 2017. Jadi udah pengalaman sebenarnya

      Delete
  7. blog legendaris niche finansial bersatu dalam 1 page.

    btw diskartes juga sering share soal keuangan di Instagram. Ane udah follow blog dan instagramnya juga. Recommended!

    ReplyDelete
  8. Masing-masing blog ada fokusnya jadi bisa pilih yang sesuai kebutuhan deh..

    ReplyDelete
  9. Kalau slaveberdasi itu bacaannya berat2 coy. Susah dicerna kalau gak punya basic ilmu ekonomi dan persahaman (apa seh?). Tapi kalau udah ngerti, bagus2 kok artikelnya. Saya termasuk orang yang sering berkunjung ke blognya. Termasuk juga ke blog diskartes dan mas dani rachmat.

    ReplyDelete
  10. Sekarang makin banyak blog tentang keuangan ya. Dulu aku cuma taunya Live Olive yang entah sekarang masih ada apa engga hehehe.

    ReplyDelete
  11. Belajar langsung dari blog ini bisa belajar langsung finansial atau mengatur keuangan yang baik bagaimana deh, ilmu nya dari yang langsung berpengalaman :D

    ReplyDelete
  12. Keren lah bang pokoknya. Pingin juga jadi blogger yang punya persona sendiri, biasanya blogger2 kayak gini punya misi sendiri membagi informasi yang bermanfaar sesuai dengan bidang keahliannya
    Sayang saya nggk punya keahlian hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bilang gitu euy... pasti punya keahlian. Cuma belum nemu aja

      Delete
  13. Pengelolaan keuangan itu memng penting bgt yah bro, btw thx sdh ngelist blogger2 finansial. Selama ini aku hanya tau bang irfan dan ente bro. Mantabbbb siap2 BW mereka nih.

    ReplyDelete
  14. Dani itu adik angkatan saya waktu kuliah.
    Blog yang no.7 kok kayak kenal ya? Hahaha..

    ReplyDelete
  15. Quote dari mas Dani Rachmat itu ..., betuuuul banget.
    Jangankan dengan teman, dengan sodara sendiri saja bisa begitu.

    Hal itu kudapetin info2nya berdasarkan cerita dari beberapa teman.

    Kalau mas Sabda sendiri quotenya untuk financial apa nih :) ?

    ReplyDelete
  16. Rasanya sulit kalau jadi blogger finansial itu ya. Makanya aku jd blogger campur campur.

    Dari ke tujuh blogger, yang familiar dengan mataku adalah Irfan.id dan Blogsabda.

    Irfan Pernah ikut lomba seo perbankan. Aku liat, keren sih. Ulasannya bagus. No perez deh.
    Kalau blogsabda, matul. Suka sama cara penjelasannya.

    ReplyDelete
  17. Wah perencanaan finansial, dr pribadi sih klo pengeluaran emang gbs ditahan haha
    harus mulai berinvestasi nih, kl aku sekarang lagi mainan crypto mas, cm lagi redup awal 2019, sedih :(

    ReplyDelete
  18. saya baru ngikutin yang nomor 7 👍😁

    ReplyDelete
  19. Wow lumayan banyak juga ya blogger yang punya passion ke situ
    Keren banget

    And congrats for being one of them!
    Salut banget berani bedaaaaaaaaa

    Karena rata-rata blogger jaman sekarang kalo nggak personal blogger ya beauty blogger atau traveller blogger hihihihi

    ReplyDelete
  20. Paling seneng kalo main ke sini dapet pencerahan tentang keuangan.
    Aku jadi kepoin semua blog finasial itu

    ReplyDelete
  21. Yang sering saya denger sih cuma Mas Irfan sama blognya sampeyan ini mas. Lainnya baru tau setelah baca blogpost ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh kalau saya sendiri baru blognya mas nya ini, bagus banget nih buat nambah wawasan saya weueheh, izin bookmark websitenya mas ;D

      Delete
  22. jarang banget aku nemuin blog yang bahas financial. baru blog mas sabda ini aja. bahasannya ringan dan mudah dimengerti pula. banyak postingan yg menarik buat dibaca. kupikir kalo ngebahas financial tu bakal ngejelimet dan bikin pusyiingg.. tapi ternyata engga yaa.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Finansial mudah dipagai, tapi berat dipraktekkan hahah XD

      Delete
  23. Diskartes sama mas dani rahmat yang bbrp kali mbaca tulisan mereka. Btw, blog ini juga makin enak dibaca lho..

    ReplyDelete
  24. Wah.. kalau saya gak paham mas soal finansial, maklim ngeblog masih belajar...

    ReplyDelete
  25. jangan lupa selalu menginvestasikan dana pada jalur yang halal ya mas.. hahaha..

    ReplyDelete
  26. Belajar langsung dari suhunya lah biar cepet ngerti dan paham wuehehe

    ReplyDelete
  27. yg sering aku baca cm blog ini dan blog mas dhani :). yg lain2nya sepertinya baru tau. ntr aku buka2 juga, utk belajar ttg keuangan. krn biar gmn, kadang akupun bingung mau invest uangku kemana. walo kerja di bank, ttp aja kdg masih banyak yg hrs aku pelajarin trutama ttg managing wealth.

    ReplyDelete
  28. langsung kepoin satu-satu. wkwkwk..
    sebelumnya, saya itu agak mual kalau diajakin bahas finance. tapi setelah jadi buibu, melek finance itu penting juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting dung mbak... kan bendahara keluarga... jadi harus jagoo

      Delete
  29. Ketauan banget deh saya baru-baru aja melek financial, itupun gegara blog ini.
    Saya dong, cuman tahu dan kenal blog nomor 7 hahahaha

    Tapi serius, blog ini tuh beneran manfaat banget buat saya, meskipun mungkin agak rada telat ngeh tentang financial, tapi minimal better late than never bukan? hehehe

    Dan emang, segala sesuatu tentang nilai, kudu dipraktekin langsung.
    kalau enggak ya gak ngerti2, apalagi gak punya basic financial sebelumnya :)

    ReplyDelete
  30. Setelah baca paparan di atas, saya jadi paham bahwa dunia keuangan sangat beragam dan ada juga kaum profesional yang menuangkan ilmu serta pengalaman mereka dalam blog. Blog pertama yang saya tahu mengulas soal finansial hanya blogsabda saja. Yah, minat saya kala pertama kali menjelajah internet pada tahun 2001 adalah dunia literasi, lalu resep masakan. Tak pernah terpikirkan sama sekali tentang ilmu manajemen keuangan pribadi pada tahun 2002. Itu yang saya sesalkan. Semoga saja daftar panduan di atas bisa membantu banyak orang agar lebih paham kelola uang dan mengembangkannwxa. Salam.

    ReplyDelete
  31. terimakasih review atas web keren yang ngbahas soal duit, kebetulan duit mamang cepet habis nih...sapah tau kalau mampir kesalah satunya duit mamang jadi bisa lebih awet dan nggak habis-habis...heheuydeuh

    ReplyDelete
  32. Wah referensi baru tulisan nih untuk dibaca dan dipelajari.

    Auto follow semua, biar tambah wawasan dan pengingat tentang kuliah dulu yang bahas finansial,

    ReplyDelete
  33. Aku belum pernah berkunjung keenamnya, kalau yang nomor 7 sudah tapi lama enggak singgah:)
    Keep writing Mas..Terus berbagi, banyak yang perlu ilmu seperti ini.
    Apalagi kalau disampaikan secara storytelling, jadi enggak boseni:)

    ReplyDelete
  34. Saya juga mulai belajar mengatur keuangan nih hehehe

    ReplyDelete
  35. Mantaaap bener bang jadi belajar ngatur keuangan

    ReplyDelete
  36. Kalau baca tulisan keuangan, suka puyeng hahahaha :) Jarang sih ngikutin blog2 di atas. Paling di sini aja udah cukup. Ngangguk2 dulu ah, praktekkan aja langsung! :D

    ReplyDelete
  37. Yang lagib elajar ngatur ngatur keuangan sendiri harus banyak baca blog blog ini nih

    ReplyDelete
  38. Awalnya, tahu tentang dunia finansial dan investasi ketika membaca blogger legendaris, Priyadi http://priyadi.net/ .

    Saat ini, dua dari tujuh daftar blogger finansial sudah rutin diikuti; irfan dan dani rachmat. Lima blogger lainnya kayaknya bakal rutin dikunjungi.

    Informasi yang menarik. Memang lagi mencari bahan-bahan bacaan yang bermutu.

    ReplyDelete
  39. Terima kasih, Mas. Jadi tahu nih daftar blogger finansial di Indonesia.
    Dari semua daftar cuma tahu punya, Mas Sabda saja..he

    Sepertinya menarik, siap kepo-kepoin ah.
    Mau bagaimanapun mengatur keuangan itu sangat penting.

    ReplyDelete
  40. Soal financial itu memang susah susah gampang, banyak yang njelimet dan bikin kepala kayak mau meledak.

    ReplyDelete
Copyright © 2018 Catatan Finansial PNS Muda | Written by Sabda Awal