Resolusi 2019 Pada Finansal, Personal, Blog dan Fun

Artikel terkait : Resolusi 2019 Pada Finansal, Personal, Blog dan Fun

Resolusi 2019 Pada Finansal, Personal, Blog dan Fun
Ini adalah resolusi pertama yang saya buat dengan sepenuh hati dan memiliki obsesi untuk menyelesaikan seluruhnya.

Meskipun tahun ini saya menghadapi quarter life crisis dimana memiliki tanggung jawab besar meskipun dilahirkan sebagai anak bungsu. Usia seperempat abad, antara ingin mengejar semua keinginan, bersamaan itu pula kewajiban terhadap keluarga harus dituntaskan.

Belum lagi pertanyaan kapan nikah tiap hari makin sering ditanyakan teman dan saudara. Selalu saya jawab dengan santai "pernikahan bukanlah kompetisi. Untuk bahagia saya masih bisa sendiri". 

Memang tidak saya pungkiri pula bahwa akan lebih bahagia jika berdua... apalagi ditemani bayi lucu 😂

Baiklah, tahun lalu saya jalani dengan penuh semangat dan syukur dan untuk tahun ini saya akan melangkah dengan semangat, gagah dan ada beberapa goal yang sudah saya susun sebagai resolusi 2019.

Ada 4 resolusi besar yang sudah saya buat, yaitu :
  1. Resolusi Finansial
  2. Resolusi Blog
  3. Resolusi Personal
  4. Resolusi Fun
Resolusi 2019 Pada Finansal, Personal, Blog dan Fun

Resolusi Finansial

Resolusi finansial adalah resolusi yang berhubungan dengan finansial. Terdiri dari :
  1. Bangun rumah orangtua : target selesai di bulan Juni
  2. Punya passive income Rp 12.000.000
  3. Menyiapkan dana darurat sebesar 4 kali pengeluaran
  4. Memiliki tabungan Rp 5.000.000
Untuk mencapai target diatas saya deskripsikan dibawah ini...

Bangun Rumah Orangtua

Saya rasa ini adalah kewajiban finansial terbesar terakhir saya terhadap orangtua. Memiliki rumah sendiri adalah idaman mereka. Pasalnya sepanjang hidup, mereka terus-menerus ngontrak rumah. 

Bukan karena anak-anaknya tidak peduli, namun karena alasan finansial jugalah sang anak belum mampu mewujudkan keinginan tersebut.

Maklum, keluarga kami berasal dari golongan kelas bawah. Sudah dari sononya hidup dijalani dengan secukupnya saja. Ini jugalah alasan terkuat saya untuk mengatur keuangan sebaik-baiknya.

Rumah ini akan dibangun hasil patungan dengan saudara saya. Akan dibangun diatas tanah yang saya beli tahun 2015 lalu. Bugdet yang kami miliki tidaklah begitu besar. Maka, ukuran rumah ini akan direncanakan hanya berukuran 5 x 10 meter atau mungkin lebih kecil.

Semoga target finansial ini tercapai tepat waktu. Amiiin. InsyaAllah pembangunan akan dimulai bulan Maret.


Resolusi 2019 Pada Finansal, Personal, Blog dan Fun

Passive Income Rp 12.000.000

Saya begitu terobsesi mendapatkan passive income. Mulai tahun 2017 saya berusaha untuk memperoleh passive income. 

Target diatas adalah nilai akumulasi selama tahun 2019. Artinya, Desember 2019 saya harus berhasil memperoleh passive income sebesar Rp 12.000.000.

Adapun rincian target tersebut berasal dari :

Saham

Pembagian deviden saham sebesar Rp 500.000. Ingat ya, ini deviden bukan hasil trading....😂

Saya punya saham KLBF sebanyak 160-an lot. Tahun lalu saya sudah memperoleh Rp 443.574, saya optimis kinerja emiten ini akan semakin membaik terlebih setelah Kalbe Farme membangun pabrik baru di Myanmar untuk persiapan ekspansi di ASEAN. Maka dari itu saya menaikan target di angka Rp 500.000 dalam setahun.

P2P Lending Syariah

Memperoleh margin P2P Lending Syariah sebesar Rp 3.000.000 selama setahun. Saya yakin profit yang saya dapat akan meningkat karena saya menerapkan compound investing (menginvestasikan kembali hasil investasi). 

Menerapkan compound investing ini amat mudah dilakukan di P2P Lending Syariah. Pasalnya, setiap minggu saya secara rutin menerima cicilan pokok dan margin. Dalam sebulan hasil cicilan tersebut bisa saya kumpulkan lalu diinvestasikan ke borrower lain melalui akad murabaha (jual-beli).

Tahun lalu saya memperoleh Rp 600 ribuan dalam 7 bulan. Investasi ini memberikan profit tertinggi diantara investasi non real saya yang lain.

Blog Revenue

Target penghasilan blog Rp 1.500.000 selama setahun. Masih terbilang kecil sih karena saya hanya mengandalkan google adsense saja. Penjelasan lanjut akan saya bahas di Resolusi Blog di bawah ini...

Nah, ini kalau dihitung-hitung target total passive income diatas (saham + P2P Lending Syariah + Blog) sudah mencapai Rp 5.000.000, terus sisanya dari mana ya? Masih kurang Rp 7.000.000 lagi untuk mencapai target tersebut.

Sektor Real

Saya pernah bilang pada artikel sebelumnya kalau saya punya usaha warnet dan join bisnis furnitur dengan teman saya. Saya berharap sisa target itu terpenuhi dari sektor real ini,-terutama warnet.
Harapan terbesar di warnet karena progressnya bagus. Meskipun begitu masih jauh dari balik modal sih... 😂

Kalau ada yang tanya, apa masih laku warnet sekarang? Tergantung buka usahanya dimana... kalau saya bukanya di desa, jadi cukuplah untuk menutup semua biaya operasional.

Sementara furniturnya sendiri masih merintis. Sayangnya saya tidak campur tangan langsung karena tinggal di kota yang berbeda. Terlebih posisi saya sebagai pemodal. Padahal, saya ingin sekali terlibat secara langsung.


Dana Darurat 4 Kali

Saya menyusun dana darurat itu mulai Oktober 2018, hingga akhir tahun lalu saya berhasil mengumpulkan 1,5 kali. Target saya hingga 6 kali.

Sementara sampai Desember  nanti saya menargetkan besaran dana darurat 4 kali. Saya rutin mengisi pos dana darurat Rp 500.000/bulan.

*Yang baru mendengar isitlah dana darurat : 1,5 kali, 4 kali dan 6 kali maksudnya dikali pengeluaran bulanan. Misal 6 kali berarti sebesar 6 kali pengeluaran bulanan.

Jika pengeluaran bulanan anda Rp 3.000.000, maka 6 kalinya adalah Rp 18.000.000.

Tabungan Rp 5.000.000

Sama seperti mengisi pos dana darurat. Pos Tabungan saya cicil Rp 500.000/bulan. Target hingga Desember nanti Rp 5.000.000.

Resolusi Blog

Saya hanya punya 2 resolusi blog tahun ini yaitu :
  1. Memperbaharui artikel lama
  2. Blog revenue Rp 1.500.000
Mengapa harus saya lakukan dan bagaimana cara melakukannya?  Begini ceritanya...

Memperbaharui Artikel Lama

Ada 28 artikel yang akan saya perbaharui terdiri dari artikel tahun 2018 dan 2019. Membuat sitemap saat blog ini dimuat memudahkan saya melakukan rekapitulasi artikel.

Baik mengedit dari tata bahasa, sinkron tidaknya dengan produk dengan kondisi terkini, link building, sampai mengubah tulisan dari justify ke rata kiri....

Alasan saya mengubah tulisan menjadi rata kiri karena pengunjung blog ini 80% dari mobile, selain itu menurut penelitian, rata kiri tidak mengakibatkan mata cepat lelah dan tampak lebih menarik.

Menyeragamkan semua gambar header, mengatur 1 paragraf tidak lebih dari 5 baris, hingga menata heading agar lebih indah...

Saya akan memperbaharui 1 artikel/minggu. Jadi, kalau ada 28 artikel artinya akan selesai dalam 7 bulan... yaitu Juli 2019.

Dalam artikel yang diterbitkan OrbitMedia, blogger yang memperbaharui artikel lama akan memberikan dampak signifikan terhadap "strong result". Nah, gegara baca artikel ini saya akan menjadikan updating old articles sebuah kewajiban dan bagian dari strategi.

Blog Revenue Rp 1.500.000

Kalau tidak salah saya mulai diterima google adsense bulan Maret atau April tahun lalu... Awalnya hanya dapat Rp 20.000-an perbulan, tapi terus meningkat... terakhir di angka 165k pada bulan Desember 2018 lalu.

Seiring berjalannya waktu visitor blog saya terus meningkat. Tahulah, visitor berbanding lurus dengan penghasilan google adsense. Januari 2019 ini, ada 1500 visitor perhari atau meningkat sekitar 40% dari tahun lalu. Semoga saja terus naik, amiin

Target penghasilan blog ini seutuhnya dari google adsense. Harapannya di tahun ini ada tambahan dari afiliasi dan sponsored post agar target lebih cepat tercapai.

Resolusi Personal

Resolusi ini berhubungan dengan target-target pribadi yang ingin saya capai. Ada 3 pada list ini, yaitu :
  1. Bahasa Inggris : Upper Intermediate
  2. Bahasa Azerbaijan : Intermediate
  3. Buat Channel youtube
Nah, penjelasannya sebagai berikut...

Bahasa Inggris : Upper-Intermediate

Yang ini udah jelas ya... naikin level bahasa Inggris dari intermediate ke upper-intermediate... Indikatornya apa? Saya bikin indikator kalau nonton film bahasa Inggris tidak perlu pakai subtitle lagi.

Selama ini saya nonton pakai subtitle bahasa Inggris, heee... Target ini dipatok berakhir pada bulan Oktober.

Tapi kata teman saya untuk tahu level bahasa Inggris harus ikut tes TOEFL/IELTS dulu... Haha. Tapi saya tidak akan ambil tes tersebut.

Bahasa Azerbaijan : Intermediate

Saya mulai belajar bahasa Azerbaijan sejak Oktober 2018. Satu bulan pertama saya sudah bisa grammar, greeting dan perkenalan. Bulan kedua saya sudah bisa chatting pakai bahasa Azerbaijan.

Tapi untuk speaking dan listening masih jauhh sekali. Kalau speaking saya persis seperti anak balita yang masih terbata-bata. Sementara listening itu belum sama sekali...hahaaa

Zaman sekarang belajar bahasa asing sangat mudah. Banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dengan native speaker.

Saya punya banyak kawan native speaker dan berkomunikasi lewat whatsapp dan skype.

Harapan saya di bulan Oktober sudah menyentuh di level Intermediate. Bisa ngomong ba-bi-bu seperti kemampuan bahasa Inggris saat sekarang ini.

Curhat  dikit.
Saya memutuskan berhenti kuliah. Pertama karena jurusannya tidak suka, kedua karena malas. Btw, pendidikan saya masih D1 lho.

Waktu saya belajar bahasa Azerbaijan, saya sedang masa cuti kuliah. Eh, akhirnya makin cinta belajar bahasa. Barulah membulatkan tekad berhenti kuliah.

Ada 2 bahasa lagi yang ingin saya pelajari yaitu Arab dan Prancis. Saya ingin menjadi polygot. Satu tahun untuk satu bahasa asing.

Membuat channel youtube

Untuk menambah kegiatan dan skill baru... saya akan membuat channel youtube. Isinya apa? Vlog dengan bahasa asing. Tentu bahasa pertama yang saya gunakan adalah bahasa Azerbaijan dengan target viewer orang Azerbaijan.

Akankah channel youtube di monetize? Iya, tapi tidak tahun ini.

Resolusi Fun

Kerja bagai kuda? Oh jangan. Sebaiknya luangkan waktu untuk refreshing sejenak. Travel ke suatu tempat.

Selain melepas penat, travel adalah salah satu cara menikmati hasil bekerja kita.

Inilah yang saya maksud resolusi fun yaitu melakukan travelling. Ada 2 target travelling yang akan saya lakukan, yaitu :

Travel Pulau Bintan

Teman saya sudah mengajak untuk perjalanan ini sejak tahun lalu. Tanpa pikir panjang saya iyakan, karena memang tidak ada rencana jalan-jalan lain selain ini.

Seluruh rencana saya serahkan kepada teman saya karena dia memang hobi jalan-jalan. Terakhir kali saya follow up, kami akan pergi diluar bulan peak season yaitu antara Maret s.d Mei.

Travel Azerbaijan

Kalau yang travel yang satu ini tidak pasti, secara tiket pesawat kesana mahaaall.. Paling murah one way Rp 9.000.000. Saya saja tidak tahu nanti ongkos dari mana... hahaha...

Cuma saya tetap berharap agar bisa mengunjungi Azerbaijan. Main ke ibukotanya yaitu Baku.

Resolusi 2019 Pada Finansal, Personal, Blog dan Fun
Baku,-Ibukota Azerbaijan


Kenapa harus tahun ini? Teman-teman Azerbaijan saya pada mau kerja ke luar negeri semua. Kalau mereka pergi, ya saya harus cari teman baru untuk dijadikan guide 😂

Mereka selalu bilang,"Because I am muslim and you are muslim. We are brother."

Artinya mereka siap menyambut saya. Nanti kalau kesana saya mau bawakan tempe dan kerupuk mentah untuk mereka.😂

***

Demikianlah resolusi saya tahun ini.

Bagaimana? Apakah anda terinspirasi dengan resolusi saya? Ayo jangan tunda membuat resolusi. Diakhir tahun nanti akan saya ulas pula evaluasi resolusi ini.

Picture source :
canva.com, picabay.com

Artikel Catatan Finansial PNS Muda Lainnya :

61 comments:

Komentar spam tidak akan di-approve.

  1. Aku dukung bangun rumah orangtua segera dan harus terealisasi. Bangga banget sama babang satu ini.

    Baru tau deh kalau rata kiri lebih bagus. Soalnya aku pakai rata kiri kanan. Mungkin bisa diubah juga nih.

    Btw kalau ke Bintan, kabarin ya... Udah hampir setahun ga kesana karena sejak balik Medan, belum balik ke Bintan. Cuma ke Batam aja sih seringnya. Mana tau aku bisa join. #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang rumah memang udah diniatin kali nih.

      Yup rata kiri lebih bagus apalagi kebanyakan visitor akses lewat mobile.

      Oke InsyaAllah akan dikabari

      Delete
  2. Wuiiih selain Bahasa Inggris, mas kepengen fasih juga Bahasa Azerbaijan yach? Awesome 😘😘😘🤩 Semoga kesampaian bangun rumah orangtua di Bulan Juni 2019 aamiin.

    ReplyDelete
  3. Wah udah tertata gitu mas resolusinya, aku juga jadi pengen bikin resolusi tahun 2019,
    ga muluk-muluk sih nulis konsisten aja udh cukup kl aku hahhaa

    ReplyDelete
  4. masyaallah. keren banget resolusinya. semoga tercapai semua ya tahun ini. aamiin..

    ReplyDelete
  5. Runut kubaca dari awal sampai akhir, mulai dari keinginan membangun rumah untuk ortu sampai resolusi blog juga travelling ..., keren itu, mas.
    Semuanya diprogram detil banget.
    Ikut kudoakan semuanya berjalan sesuai rencana, amin.

    ReplyDelete
  6. Semoga dikaruniai kemudahan untuk terkabul ya, Kang...

    ReplyDelete
  7. Semoga semua resolusinya tercapai ya mas. Aplg mbangun rumh bwt ortu 😊

    ReplyDelete
  8. Kalau mampir ke blog orang tuh di baca sampai akhir kak, jadi kalau pas mau komen itu masuk apa yang mau kita komentarin. Maaf komennya gak sesuai artikelmu, tp aku sudah baca kok.

    Saya hanya nggak terima saja dikatain uang habis di gaya hidup, itu mungkin karena kamu bacanya hanya di paragraf awal. Jujur aku punya invest juga berupa warung makan dan emas batangan. Yah maaf klo saham aku gak suka. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya sudah minta maaf langsung, terimakasih :D

      Semoga gegara sebuah komen tidak membuat kita menjauh satu sama lain

      Delete
  9. Semoga resolusinya segera tercapai kak

    ReplyDelete
  10. Ye ei pertamax baca postingan bang sabda..

    Paling senang bacanya, pas bagian resolusi blog dan personal karena targetnya lagi meningkatkan blog dan personal

    ReplyDelete
  11. Wah keren juga resolusinya mas - mau bikin rumah buat orangtua. kalau saya mah belum kepikiran sampai disitu. *hiks* kalau resolusi saya tahun ini sih masih fokus untuk nyelesain buku dulu dan keterima adsense. Alias masih self centered lah.. apalah aku anak durhaka?. Btw, moga-moga resolusinya tahun ini bisa terwujud semua yaa. Salam produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga bisa juga dibilang anak durhaka, haha, kan belum mampu juga kitanya...

      Ammin, semoga sama2 tercapai tahun ini

      Delete
  12. halooo Sabdaaa...
    Sudah punya pacar belom?
    Tenang, gak bakal saya godain kok, hahaha
    Mau saya rekomendasikan ke cewek-cewek yang cantik dan cerdas.

    Ini nih calon suami yang keren abis.
    Udahlah kemampuan memanaj finansialnya jempolan, penyusunan target hidupnya keren bangeetttt..

    saluuuttt banget, jarang ada loh lelaki kayak gini zaman now.
    Hidupnya beneran seimbang.

    Saya jadi punya hutang ke diri sendiri, untuk mengajari anak saya tentang finansial sejak kecil.

    Keuangan itu adalah masalah yang kadang tabu dibicarakan dengan anak kecil, padahal penting banget loh.
    Semoga anak-anak saya bisa punya pemikiran dan kepedulian mengatur finansial mereka seperti Sabda.

    Karena mau sebanyak apapun penghasilan orang-orang, tanpa manajemen finansial yang baik, bakalan sia-sia aja duitnya.

    Semoga resolusinya diberi kelancaran dan tercapai bahkan sebelum deadline nya ya, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum punya mbak, nanti kalau semua tanggung jawab kelar baru deh nyari calon,

      sukses ya ngajar anak2 nya tentang finansial

      Delete
  13. Waduh, resolusi emg paling bagus diperinci gini ya, sekaligus ada perencanaannya,,, makasih nih tipsnya.

    ReplyDelete
  14. wihh azerbaijan, jarang juga nih saya lihat traveler indo mampir ke negara ini, semoga terealisasi mas. Btw dapet temen orang luar dari mana mas? mau dong haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. teman dari Azerbaijan banyak mas, saya ngikuti program exchange language gitu. Saya bantu mereka improve bahasa Inggris, mereka bantu saya bahasa Azerbajan

      Delete
  15. Wah perencanaannya mantap banget Mas. Aku masih kocar-kacir nih di masalah keuangan, huhuhu.

    ReplyDelete
  16. Wah resolusinya sangat keren dan menginspirasi.. semoga semuanya dilancarkan ya.. amin..

    ReplyDelete
  17. sejujurnya ini bukan resolusi melainkan azam, Bang. Azam adalah kebulatan tekad personal untuk mewujudkan suatu cita atau harapan. Semoga tercapai semuanya soalnya bagus. Bangun rumah untuk orang tua juga merupakan ibadah. Semoga Allah memudahkan. Yah, fokus dulu ke sana agar Bang Sabda lebih mudah rezekinya, dan insya Allah beroleh jodoh yang salihah agar kalian bisa membina keluarga sakina mawaddah warrahmah.
    Soal bikiin rumah itu menginspirasi saya. Saya sungguh berharap tahun ini bisa menabung emas di pegadaian usai suami panen jagung dan beli tablet tercapai. Pun ada harapan agar bisa segera beroleh tawaran job review.
    Pada dasarnya saya senang bisa baca tulisan Bang Sabda di sini, memperlakukan uang sebagai alat untuk mencapai tujuan kebaikan. Penuh perencanaan matang dan pertimbangan. Juga hal positif yang akan dilakukan. Tabik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak, iya sebagian dari sini merupakan sebuah azam. Memang saya membulatkan tekad untuk mencapainya.

      Suskes jagungnya ya mbak, biar bisa beli tablet buat ngeblog dan nulis

      Delete
  18. Tebak-tebak buah manggis, apa kamu golongan darahnya A? perfeksionis dan penuh perancanaan. Semoga terwujud semua ya, resolusinya. Memang saran saya kalau masih ada mimpi keluarga terutama ortu nanti aja dulu nikahnya, karena setelah menikah tentu kewajiban akan tambah banyak. Tapi jodoh siapa yang tahu, kan. Wish u all the best pokoknya. Keep writing, keep inspiring.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Golongan darah B mbak,

      Iya, semuanya demi keinginan ortu, Amiin

      Delete
  19. Aku juga pernah bikin seperti ini, salah satunya membangun rumah untuk orang tua dan beli Macbook waktu itu.

    Dan karena emang niat yah, jadi seperti energi alam yang terkumpul dan merealisasikannya.

    Alhamdulillah sudah kejadian dan rasanya seneng banget sih.

    Semangat Sabda.

    ReplyDelete
  20. Luar biasa nih anak muda. Investasinya dah dimana2. Sukses terus mas

    ReplyDelete
  21. Tajam dan jelas banget step by stepnya. Semoga keinginan membangun rumah buat orang tua bang sabda tercapai. Niat baik pasti selalu dikasih jalan sama yang di atas.
    Nah, ada yang menarik sih, yaitu mau memperbaiki tulisan2 yang lama. saya sih sempet tuh perbaiki tulisan2 lama yg udah jadi sarang laba2, tp kadang jd geli krn beberapa ada yang alay. krn nggk tahan baca tulisan lama saya, tulisan itu saya hapus haha
    Sukses buat resolusi2nya, semoga tercapai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang kalau di hapus, mending di perbaharui aja tulisan lamanya

      Delete
  22. Setiap baca artikel dari mas sabda awal ini saya jujur selalu terinspirasi. Goalsnya di tahun 2019 benar-benar rapih dan terukur banget. Saya malah jadi optimis mas bisa wujudin itu semua. Saya aamiinin yah mas ya. Semoga di tahun ini pokoknya makin sukses. 😄

    ReplyDelete
  23. wah mantap resolusinya mas, semoga terwujud semuanya

    ReplyDelete
  24. keren, bisa menuliskan resolusi sedetail dan selengkap ini. semoga semua bisa terwujud, mas.

    ReplyDelete
  25. Saya, kalo bikin resolusi selalu udah nggak tahu di mana catatannya begitu menjelang tahun baru berikutnya. Kalau dipost di blog seru juga ya sepertinya.

    Suka sekali sama target yang untuk orangtua. Semoga dilancarkan!

    ReplyDelete
  26. Wow, aku takjub sama resolusinya, bener-bener tertata rapi. harus dicontoh nih manajemennya.
    Yang bikin semakin kece, ada resolusi membangun rumah orang tua. Semoga tujuan ini dipermudah dan bisa terlaksana dengan baik ya..
    Resolusi yang sama tapi agak beda dikit, bahasa inggris. Resolusiku 2019 ini pingin speakingku lancar, dan sejak akhir 2018 kemarin udah mulai melakukan beberapa latihan biar semakin pede ngomong bahasa inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn semoga tercapai,

      Kalau speaking saya udah lancar, listening ini yang masih kurang. Sering aja ngomong biar makin lancar

      Delete
  27. menarik banget , kamu well planned banget ya..
    btw kenapa tertarik belajar bahasa Azerbaijan?

    btw, terima kasih sudah berkunjung ke blog ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Azerbaijan Indah, dan dapat teman yang baik2 dari sana

      Delete
  28. Mantab Mas. Niat baik insyaallah dimudahkan oleh Allah. Semoga resolusinya tercapai ya Mas..

    ReplyDelete
  29. wih, resolusinya detail banget mas..
    semoga tercapai semua ya. semoga segera dapet jodoh biar gak ditanya kpn nikah terus? wehehehe..

    ReplyDelete
  30. Keren bro, sayamah sama sekali gak punya resolusi, suram kayaknya whahahah, tapi mungkin sepertinya target terbesar tahun ini adalah bisa menjual aplikasi sebanyak -banyaknya supaya bisa menghasilkan 80 jt. amiin :v

    ReplyDelete
  31. Masya Allah anak yang berbakti. Semoga tercapai target2nya. Dengan target yang sudah terperinci seperti ini jadi tahu apa yang harus dilakukan, ya.

    ReplyDelete
  32. Waaaaa perencanannya mantap. Semoga resolusi 2019 ini bisa tercapai semuanya ya Mas :)

    ReplyDelete
  33. baru kali ini aku baca target ttg belajar bahasa azarbaizan :). Tapi salut mas...aku tunggu channel youtubenya nanti memakai bahasa ini.. tp itu negaranya harus kamu datangin sih sebisa mungkin :).. kereeen banget.. aku sih blm pernah kesana tp abangku udah. dia yg cerita... kebetulan dubesnya juga masih teman papa, dan udh mesen, kalo aku kesana bisa stay di wisma kbri .. tapi sampe skrpun aku blm jadi2 mau kesana... secara target traveling udh fix sampe akhir tahun ini.. dan azerbaijan blm bisa masuk :D

    tapi aku pgn cth target finansialnya nih, yg passive income.. selama ini aku ga mikirin kesana krn utk uang2 ga terduga aku lbh ngandelin bonus2 dari kantor ku dan suami.. tp memang sepertinya passive income harus ada untuk lebih menunjang finansial kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tahun ini di targetkan bisa ngunjungi Azerbaijan dan nge vlog disana.

      Selamat mencoba untuk passive incomenya ya mbak

      Delete
  34. Mudah-mudahan tercapai... Sampai skarang akupun masih disibukkan dengan project baru yaitu buat chanel youtube... belum sempet nulis resolusi tahun 2019 kedepan... InsyaAllah mudah2an tercapai bang sabda...

    ReplyDelete
  35. Wow tertata dan terperinci banget, semoga goals nya sesuai dg skejul yg direncanakan ya. Dan sepertinya sy jg kudu belajar gini keknya wkwk (nutup muka)

    ReplyDelete
  36. Keren resolusinya dan pemaparannya lengkap banget. Semoga resolusi tahun 2019 tercapai ya mas terutama membangun rumah untuk orang tua. Inilah wujud bakti anak kpd ortunya yg luar biasa.

    ReplyDelete
  37. contoh pemuda milenial yang sukses

    ReplyDelete
  38. Semoga semua keinginannya terwujud. Terutama membangun rumah orang tua yang pastinya merupakan keistimewaan tersendiri...Masya Allah, semoga Allah mudahkan niat baiknya, ya...

    ReplyDelete
  39. Tentang rata kiri itu aku juga pernah baca dan pernah eksekusi di beberapa postingan

    Etapi kembali ke rata kiri kanan lagi
    Alasanku hanya untuk estetika saja sih
    Kog lebih "cantik" gitu kalau rata kiri kanan

    Tentang belahan jiwa...
    Hei, percayalah justru berdua itu lebih indah sambil menyelesaikan tanggung jawab.
    Hidup juga lebih berwarna...

    Tanggung jawab itu takkan usai selama hayat masih di kandung badan.

    Segera, halalkan sajalah dia!
    Hahaha...

    ReplyDelete
  40. Semoga kesampaian resolusinya tahun ini ya. Keren bisa belajar bahasa Azerbaijan :D Saya belajar satu bahasa lain selain bahasa Inggris dari jaman kuliah belum kelar kelar, tapi targetnya tahun ini harus bisa :D

    ReplyDelete
  41. Semoga semua target tahun ini tercapai Mas.
    Niat baik, doa dan usaha keras akan mendapatkan hasil sesuai. Saya belajar banyak dari posting ini

    ReplyDelete
  42. Semoga cepet kesampaian mas bangun rumah buat orang tua. Anda benar-benar anak yang berbakti....

    ReplyDelete
Copyright © 2018 Catatan Finansial PNS Muda | Written by Sabda Awal